Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Bupati Curhat , Ngaku Sedang Mumet Dengan Limbah Kotoran Sapi

KUNINGAN (MASS)- Pada saat memberikan sambutan sosialisasi penanam pohon porang di depan Masjid Perum Jananuraga Kecamatan Kuningan, Bupati Kuningan H Acep Purnama curhat. Ia mengaku sedang mumet memikirkan limbah kotoran sapi yang perharinya bisa mengasilkan  150 ton.

“Bayangkan  saja ada 7.000-an ekor sapi dan satu sapi mengahasikan limbah  15 Kg/ekor. Hingga saat ini belum terpecahkan solusinya karena belum menemukan SDM yang tepat. Bisa saja tanaman porang membutuhkan  limbah sapi,” sebut Acep, Senin (6/1/2020).

Bagaimana bupati tidak pusing karena limbah tersebut dibuang kes sungai. Pada saat musim kemarau tidak menjadi masalah. Namun, pada saat musim hujan menjadi permaslahan  besar. Solusi dengan mengumpulan limbah disebuah lokasi belum berhasil karena tidak digubres oleh peternak.

Terpisah, Plt Kadis Pertanian Ir H Dody Nurochmatudin yang didampingi Kabid Peternakan Lya Priliyawati, SPt MP mengaku, permasalahan limbah pada  Selasa pagi akan dibahas lagi dalam rapat dengan Sekda. Selama ini pihaknya tidak diam dan sudah ratusan bio gas yang dihasilkan dari limbah sapi.

“Yang menjadi permasalahan tidak semua limbah bisa dijadikan bio gas. Di Kuningan sendiri lebih dari 300 bio gas sudah dibangun,” ujar Lya.

Sekedar informasi, potensi peternak sapi adalah merupakan potensi yang sangat besar, sebanyak 7.134 ekor sapi yang ada daerah Cigugur, Cisantana dan Cipari dengan nilai investasi sebesar Rp107 milyar.  Nilai investasi yang luar biasa.

Sedangkan produksi susu per tahun sebanyak 21.317 ton. Dengan nilai uang sebanyak Rp106,6 m pertahun. Jika dirata ratakan adalah  Rp292 juta perhari untuk potensi susu sapi.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Bupati Acep Purnama, Rabu (5/2/2020)  hadir di acara penutupan Bulan Dana PMI Kabupaten Kuningan tahun 2019 di aula bank bjb Kuningan. Meskti...

Advertisement