Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Besok Ada Nobar di KPU, Pemilu Ditetapkan 14 Februari 2024

KUNINGAN (MASS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan akan menggelar kegiatan nonton bareng (nobar) peluncuran tahapan Pemilu 2024, pada Selasa malam 14 Juni 2022 mulai pukul 19.00 WIB. Kegiatan tersebut sekaligus menjadi jawaban atas kepastian pelaksanaan jadwal Pemilu. Sesuai SK KPU RI Nomor 21 Tahun 2022, bahwa hari Rabu 14 Februari 2024 telah ditetapkan sebagai hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024.

Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi, menjelaskan kegiatan nobar digelar seiring akan diluncurkannya tahapan Pemilu 2024 oleh KPU RI di Jakarta. Akan hadir secara langsung di kantor KPU RI, Presiden RI Joko Widodo beserta para pejabat tinggi Negara, Bawaslu RI, DKPP RI, para Komisioner dan Sekretaris KPU Provinsi. Sedangkan KPU Kabupaten/Kota sesuai surat KPU RI nomor 443/PP.06-SD/09/2022 diwajibkan menggelar kegiatan nobar di kantor masing-masing.

“Selasa malam (14 Juni 2022) akan kami gelar nobar peluncuran tahapan Pemilu 2024 di kantor KPU Kuningan. Kami mengundang pimpinan daerah beserta jajaran Forkopimda, Bawaslu, pimpinan parpol, pimpinan perguruan tinggi, organisasi pegiat demokrasi, serta unsur lainnya, untuk hadir di kantor KPU Kuningan,” kata Asep, Senin (13/6/2022).

Dia menuturkan kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024 diakses melalui kanal Youtube KPU RI. Oleh karena itu, dirinya berharap seluruh komponen dan semua lapisan masyarakat dapat melakukan hal yang sama di tempat atau di rumah masing-masing. Hal itu dilakukan untuk menunjukan gairah dan kesan positif menghadapai pesta demokrasi lima tahunan.

“Silahkan semuanya dapat menyaksikan peluncuran Tahapan Pemilu 2024 melalui kanal Youtube KPU RI. Mari kita tunjukkan bahwa seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kuningan sudah siap lahir batin menghadapai Pemilu 2024 dengan damai dan riang gembira,” jelasnya.

Sementara Divisi Teknis KPU Kuningan, Maman Sulaeman, mengungkapkan tahapan dan jadwal Pemilu 2024 sudah ada kepastian setelah terbitnya Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022. PKPU tersebut menjadi pedoman bagi semua pihak yang akan terlibat dalam tahapan Pemilu.

Maman menyebut beberapa tahapan krusial akan dimulai secara serantak sejak tahun 2022, antara lain pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, penetapan peserta pemilu, dan penentuan jumlah kursi dan daerah pemilihan. Tahun ini juga, kata dia, ada tahapan pencalonan anggota DPD.

“Sedangkan tahapan lainnya akan dilakukan pada tahun 2023, seperti pencalonan anggota DPR dan DPRD, pencalonan presiden dan wakil presiden, dan masa kampanye. Adapun tahapan yang berlangsung pada tahun 2024, antara lain pemungutan suara, rekapitulasi hasil penghitungan suara, dan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih. Jadwal lengkapnya dapat mendowload PKPU Nomor 3 Tahun 2022 di jdih.kpu.go.id.,” jelasnya. (deden/rl)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Inspiration

KUNINGAN (MASS) -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Kuningan, mengadakan launching pogram Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). DP3 merupakan sebagai salah satu program...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Dalam rangka menguatkan konsolidasi demokrasi pasca helatan pemilu serentak 2019 dan pemilihan kepala daerah tahun 2020, komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Politics

KUNINGAN (MASS)- Setelah pada tanggal 2 Juli 2020 KPU Kuningan mendapatkan penghargaan terbaik Pertama non penyelenggaran pemilihan serentak 2020, raihan prestasi serupa juga kembai...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Meski tidak ada tahapan pemilihan, KPU Kabupaten Kuningan tetap aktif melakukan sosialisasi pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (PDPB). Lembaga penyelenggara pemilu tersebut...

Advertisement