Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Berkunjung ke Cibulan, Santana : Potensi Wisata Berbasis Sejarah dan Budaya Jangan Sampai Lusuh!

KUNINGAN (MASS) – Dalam giat perjalanan mengenalkan konsep Parawisata berbasis Sejarah, Budaya, Tradisi dan Religi, Santana Kesultanan Cirebon (SKC) mengunjungi salah satu objek wisata yang ada di Kuningan, Objek Wisata Cibulan.

Dalam kunjungan ini, dibahas beberapa hal terkait pemajuan perekonomian masyarakat melalui konsep Parawisata berbasis Sejarah, Budaya, Tradisi dan Religi. Pihak Santana, dituturkan Raden Hamzaiya, akan mengkaji lebih mendalam tentang objek wisata Cibulan dengan Ikan Dewa yang melegenda serta adanya beberapa situs.

“Situs-situs tersebut, menjadi magnet wisata bagi masyarakat untuk berziarah dari berbagai daerah hingga saat ini,” sebutnya baru-baru ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Owner Cibulan H Didi Sutardi mengatakan, selain beberapa situs tersebut Cibulan juga sudah dikenal karena keberadaan ikan istimewa yang hanya ada disana, ikan dewa. Ikan Dewa Cibulan ini memiliki khas sendiri, karena Ikan Dewa Cibulan sangat tertarik apel merah sebagai makanannya tambahnya.

“Mereka (Ikan Dewa Cibulan, red) sangat tertarik apel merah,” sebutnya.

Dalam kunjungan itu, hadir juga Sultan Sepuh Jaenudin II Arianatareja Keraton Kasepuhan Cirebon. Dirinya berharap, dengan adanya objek wisata Cibulan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menjaga kelestarian ikan dewa beserta situs yang ada di tengah objek wisata Cibulan.

Di akhir kesempatan, Santana Kesultanan Cirebon juga memberikan anugerah penyematan Ketua Pemangku Adat Manis Kidul yang diberikan kepada H Didi Sutardi. Owner Cibulan itu, disematkan langsung oleh ketua Buhun Tinggi Nusantara Santana Kesultanan Cirebon (SKC) Raden Nana Mulyana Latief ST. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pangeran Kuda Putih, atau yang beberapa bulan lalu dilantik sebagai Sultan Sepuh Jaenudin II Arianaterja, turut mengekspresikan kebahagiannya menyambut Idul Adha...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kuningan Drs Yudi Nugraha M Pd angkat bicara perihal ‘ramainya’ pencantuman gelar yang ditulis dalam...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pariwisata adalah bidang yang saat ini banyak dibicarakan oleh banyak pihak. Undang-undang tentang kepariwisataan mendefinisikan pariwisata sebagai berbagai macam hal yang...

Regional

KUNINGAN (MASS) – Kedatangan Raja-Sultan Nusantara ke Kabupaten Kuningan menjadi sebuah catatan penting bagi perjalanan jati diri Kabupaten Kuningan. Ini diutarakan Raden Hamzaiya selaku...

Advertisement