Tradisi Pedang Pora Warnai Sertijab Kapolres Kuningan

KUNINGAN (Mass) – Acara pisah sambut dan serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Polisi Resort (Kapolres) Kabupaten Kuningan dari AKBP Joni Iskandar SIK kepada Kapolres Kuningan yang baru AKBP M. Syahduddi SIK MSi berlangsung haru, Senin (9/5). Acara puncak dalam pisah sambut itu ditandai dengan tradisi pedang pora, dimana perwira Polres Kuningan membentuk dua barisan saling berhadapan dan mengacungkan pedang ke depan, kemudian Kapolres Kuningan yang lama AKBP Joni Iskandar SIK keluar Mapolres Kuningan yang dilanjutkan oleh AKBP M Syahdudi SIK MSi bersama istri berjalan melewati barisan tersebut.

Dalam sambutannya, Kapolres Kuningan yang lama, AKBP Joni Iskandar pada upacara Farewell Parade menyampaikan, permohonan pamitnya untuk berpindah tugas ke tempat yang baru yakni di Mabes Polri. Tak lupa, permohonan maaf kepada seluruh keluarga besar Polres Kuningan yang selama ini telah bersama-sama menjalankan tugas negara.

“Selamat datang kepada AKBP M Syahduddi SIK MSi menjadi Kapolres Kuningan. Acara ini merupakan rangkaian pengantar tugas Kapolres Kuningan, saya berterimakasih kepada semuanya yang membuat acara ini, selamat tinggal kepada rekan-rekan semuanya, saya moho tetap memberikan dukungan lebih kepada Kapolres yang baru,” ucapnya.

Dirinya juga meyakini, bahwa Kapolres yang baru nanti bisa menjalankan tugasnya dengan memimpin Polres Kuningan dengan baik. Diharapkan, dengan dipimpin kapolres yang baru kedepan bisa membawa dan menciptakan Kuningan lebih kondusif lagi.

“Semoga Kapolres Kuningan yang baru ini bisa memimpin Polres Kuningan dengan baik, bisa menciptakan kondusifitas dengan baik di Kuningan,” pintanya.

Sementara Kapolres Kuningan yang baru, AKBP Syahduddi SIK MSi mengatakan, selama kepemimpinan AKBP Joni Iskandar SIK di Polres Kuningan selama hampir 20 bulan itu, dinilai sudah cukup banyak memberikan dedikasinya untuk negara khususnya wilayah hukum Polres Kuningan.

“Indikatornya adalah Polres Kuningan sampai sejauh ini tetap aman dan kondusif, ini merupakan hal yang paling penting, diwariskan oleh beliau (AKBP Joni, red) kepada saya dan tentunya modal yang sangat berharga bagi saya, didalam melanjutkan tongkat kepemimpinan Polres Kuningan untuk masa yang akan datang,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap, agar seluruh personil Polres Kuningan dengan segala dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan kepada kapolres sebelumnya, agar bisa kembali diberikan kepada dirinya yang kini menjabat sebagai Kapolres Kuningan.

“Saya yakin dan percaya, tanpa itu semua mustahil bagi saya untuk bisa mewujudkan apa yang sudah dicapai oleh Bapak AKBP Joni Iskandar SIK, selama beliau bertugas menjabat sebagai Kapolres Kuningan. Tentunya, dengan harapan bahwa apa yang sudah dilakukan AKBP Joni ini juga menginspirasi saya, didalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan maupun tugas diluar kedinasan,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com