Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

44 Siswa SDIP Baitussalam Ikuti Wisuda Tahfidz

KUNINGAN (MASS) – SDIP Baitussalam Cirendang menggelar Wisuda Tahfid pada Sabtu (7/3/2020) di Lembah Ciremai. Kegiatan yang diikuti 44 siswa kelas 3 tersebut, merupakan wisuda tahfid kedua, untuk hafalan Juz 30.

Kepala SDIP Baitussalam Abu Cecep Nandan S.Pd menyebut program tersebut merupakan upaya menumbuhkan semangat dan kecintaan siswa terhadap Alquran sebagai kitab suci umat islam.

Dirinya menyebut bahwa proses tersebut bukanlah hal instan. Hal tersebut dimulai sejak para siswa masih kelas 1, kini mereka sudah kelas 3 di SD yang mengususng Visi ‘Mewujudkan generasi Qur’ani yang Berkwalitas, Unggul dan Berdayaguna’ tersebut.

“Setiap hari sebelum proses belajar diawali dengan membaca dan menghafal surah pendek selama 15 menit, di akhir juga 15 menit. Mudah-mudahan kedepannya bisa wisuda Juz 29 juga, Insya Allah, apalagi kan program ini sangat selaras dengan visi misi sekolah kita, ” ujarnya.

Pada kegiatan wisuda, para siswa sempat diuji coba hafalan dan di saksikan orangtua siswa, proses Tasmi. Orang tua siswa langsung mendengar dan melihat bagaimana siswa menghafal juz ke 30 tersebut.

Pengawas bina SD, Edi Rusmaya S Pd MM mengapresiasi sangat tinggi wisuda tahfidz tersebut, terlebih dirinya dibuat terkesan karena siswa yang usianya masih sangat belia sudah mampu menghafal juz ke 30.

“Baru kelas 3 sudah pintar menghafal. Saya berharap sekolah-sekolah yang lain juga bias menanamkan alquran pada anak sejak dini. Bahkan bukan hanya menghafal juz ke 30, tapi menghafal 30 juz,” harapnya.

Pengurus Yayasan Endi Rohendi juga berpesan pada para siswa agar hafalannya dijaga dengan melakukan Muroja’ah (pembiasan, red) setiap harinya.

“Lebih bagus lagi kalo kita selalu menjaga kesucian diri, jangan melakukan maksiat, dan jangan terlibat dalam kenakalan remaja. Karena hafalan bisa hilang kalo tidak dipelihara,“ ujarnya. (eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pondok pesantren Al Khoeriyah Cibingbin menggelar wisuda tahfidz pertamanya pada Sabtu – Minggu (2-3/7/2022) kemarin. Kegiatan wisuda ini, diawali dengan sema’an...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ratusan santri Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan mengikuti prosesi Wisuda Tahfidz dan Haflatul Ikhtitam pada Minggu (29/5/2022) kemarin di Mayang Convention...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kurban merupakan ibadah umat Islam yang dilakukan hanya sekali dalam setahun. Untuk memberikan pembelajaran mengenai ibadah kurban, SDIP Baitussalam rutin melaksanakan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Usia anak kelas 3 SD biasanya masih senang bermain. Namun berbeda dengan siswa SD Islam Plus Baitussalam, sebanyak 41 siswa mampu...

Advertisement