Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Sabar Menghadapi Musibah

KUNINGAN (MASS) – Negeri ini kembali diuji ketahanannya. Kali ini diuji dengan silih bergantinya bencana dan musibah yang terjadi, satu belum selesai ditanggulangi sudah muncul yang lainnya, mulai dari erupsi gunung semeru, banjir bandang, tanah longsor, hingga wabah penyakit merupakan ujian tersendiri.

Yang pasti, Allah tidak akan membebani seorang hamba, termasuk dalam hal bencana dan musibah kecuali sesuai dengan tingkat kesanggupannya. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 286).

Kesabaran menjadi kunci dalam menghadapi setiap bencana dan musibah yang terjadi. Bagi orang yang mampu bersabar menerima bencana dan musibah, dijanjikan dengan balasan yang menggembirakan. Sehingga, seseorang mampu tabah dan sabar dalam menghadapi, dengan tetap berikhtiar secara manusiawi agar terindar dari bencana dan musibah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pertama, dicintai oleh Allah. Allah SWT berfrman, “Dan berapa banyaknya Nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.” (Q.S. Ali Imran [3]:146).

Kedua, mendapat pertolongan Allah. Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al-Baqarah [2]:153).

Ketiga, disediakan kamar di surga. Allah SWT berfirman, “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.” (Q.S. Al-Furqan [25]: 75).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Keempat, pahala tak terbatas. Allah SWT berfirman, “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan, dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S. Az-Zumar [39]: 10).

Kelima, memperoleh kabar gembira. Allah SWT berfirman, “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 155).

Semoga Allah memberikan kesabaran kepada kita semua atas bencana dan musibah yang menimpa, diberikan solusi, dan memperoleh balasan yang telah dijanjikan. Amin.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Imam Nur Suharno
(Penceramah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

(Khutbah Jumat di Mesjid Kampus Al-Ihya Centre) Oleh : Ust. Iim Suryahim, S.S.I.,M.Pd.I (Dosen UNISA Kuningan) Hadirin Jamaah shalat Jumat hafidhakumullah. Judul khutbah yang...

Advertisement
Exit mobile version