Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Peran Pendidikan Dalam Membangun Peradaban Bangsa

KUNINGAN (MASS) – Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan peradaban suatu bangsa. Bahkan maju mundurnya peradaban suatu bangsa, dari sejak zaman dahulu hingga sekarang, selalu dipengaruhi oleh sejauh mana perhatian dan tingkat pendidikan bangsa tersebut. Semakin besar perhatian dan semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat suatu bangsa maka akan semakin maju peradaban bangsa tersebut.

Dulu saat perang dunia kedua, ketika dua kota besar di Jepang, Nagasaki dan Hiroshima dibombardir oleh sekutu, Kaisar Jepang ketika itu mengumpulkan para pemudanya lantas dikirim kuliah ke luar negeri. Hasilnya, seperti yang kita lihat Jepang menjadi salah satu macan ekonomi Asia, yang tingkat kemajuan teknologinya diperhitungkan dunia. Para founding father (Bapak Pendiri) bangsa kita sebenarnya juga sudah sangat menyadari pentingnya peran pendidikan. Karena itu mereka telah menetapkan bahwa salah satu tujuan dan cita-cita pendirian Bangsa Indonesia, sebagaimana tertuang dalam teks pembukaan UUD 45, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Peran penting pendidikan bagi pembentukan peradaban suatu bangsa paling tidak dapat dilihat dalam 3 (tiga) hal.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pertama, pendidikan mempengaruhi tingkat perekonomian. Kemiskinan menjadi masalah yang serius melanda bangsa kita, baik di tingkat lokal maupun nasional. Pendidikan akan mempengaruhi mindset (pola pikir) seseorang. Orang yang mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi, biasanya akan cenderung berfikiran terbuka, sehingga ketika dihadapkan pada suatu masalah, termasuk masalah ekonomi, maka akan dengan mudah bisa mencari solusi atau jalan keluarnya.

Orang yang mempunyai tingkat pendidikan tinggi juga cenderung lebih mudah untuk mendapatkan peluang pekerjaan. Oleh Karena, masyarakat atau bangsa yang tingkat pendidikannya tinggi akan turut mempengaruhi tingkat perekonomian mereka, sehingga pada masa yang sama akan terhindar dari masalah kemiskinan.

Kedua, pendidikan mempengaruhi perkembangan teknologi. Dewasa ini perkembangan teknologi berjalan begitu cepat. Hampir semua aspek kehidupan manusia berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan teknologi. Bahkan tidak sedikit pekerjaan manusia yang sekarang tergantikan oleh teknologi. Sebutnya saja kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), pencipta robot yang secar fisik dan kemampuan mirip dengan manusia dan lain-lain yang semuanya tidak bisa terlepas dari kecanggihan teknologi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Oleh karenanya, negera yang menguasai teknologi, akan menjadi negara maju dan berkembang peradabannya. Lagi-lagi, kemajuan dan perkembangan teknologi sangat erat kaitannya dengan pendidikan. Negara yang maju teknologinya, adalah yang sangat concern terhadap pendidikan.

Ketiga, pendidikan mempengaruhi tingkat kehidupan sosial politik masyarakat. Pendidikan mengajarkan tentang pentingnya sikap moral, keterbukaan, saling menghargai, kejujuran, keadilan, kesetaraan dan berbagai etika global (global ethic) lainnya menjadi standar umum atau standar minimum yang seharusnya dimiliki dalam kehidupan bermasyarakat. Jika sikap-sikap mulia tersebut dimiliki maka akan terciptalah sebuah tatanan masyarakat yang mempunyai peradaban yang tinggi (baca: civil society).

Demikianlah, paling tidak 3 (tiga) peran penting pendidikan dalam membangun peradaban suatu bangsa. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa sejatinya, pendidikan adalah investasi masa depan. Tidak akan rugi suatu bangsa bangsa atau bahkan individu secara personal yang secara serius memperhatikan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikannya secara berkala.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bahkan sejatinya pendidikan merupakan salah satu kunci meraih kesuksesan. Apapun kesuksesan yang diharapkan, baik kesuksesan yang bersifat duniawi maupun kesuksesan yang bersifat ukhrawi. Selamat Menyambut Hari Pendidikan Nasional.

Dr. Mualim, M.A.
(Ketua STIS Husnul Khotimah Kuningan)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bank keliling dikenal masyarakat sebagai lembaga permodalan dan atau pembiayaan dengan tingkat bunga yang cukup tinggi. Biasanya mencapai belasan hingga puluhan...

Advertisement
Exit mobile version