Warga yang Salah, Tentara Turun Membersihkan

KUNINGAN (MASS) – Kesadaran warga dalam membuang sampah hingga saat ini masih minim. Ini bisa dibuktikan dengan menumpuknya sampah di sungai-sungai.

Ketika sampah menumpuk maka TNI pun tidak tinggal diam. Melalui program gerakan Kali Bersih dan Sehat mereka turun ke sungai untuk melakukan bersih-bersih.

Pada Kamis (26/10/2017) giliran tiga sungai yang dibersihkan di Desa Sangkanurip Kecamatan Cigandamekar. Ketiga sungai itu adalah Cihambar, Cikendan dan Cilangkap.

Kegiatan yang digagas oleh Koramil 1510 Cilimus ini bagian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53. Sedikitnya ada 100 orang dalam kegiatan ini.

Danramil 1510/Cilimus Kapten Arh Maryanto 2 ikut ambil bagian dalam program ini. Tampak pula  Kepala UPT PURR wilayah Cilimus, Kepala Desa Sangkanurip, Kepala Puskesmas, dan warga setempat

“Program ini ada kaitannya dengan program perilaku hidup bersih, sehat dan sanitasi total berbasis masyarakat. Untuk itu kami sampaikan gerakan ini merupakan awal dari percontohan dan masyarakat diharapkan tidak membuang sampah ke sungai lagi,” jelas Danramil.

Danramil kembali menegasan, Sangkanurip sebagai desa wisata tentu harus bisa memberikan contoh. Diharapakan masyarakat dan pengelola hotel restoran, rumah makan dan penginapan tidak membuang sampah ke sungai.

“Jadikan sungai sebagi penunjang rekreasi dan tidak mencemari lingkungan,” tandasnya.

Dari pantauan dengan seketika sungai pun bersih. Diharapkan warga lebih sadar dan peka dalam menjaga lingkungan.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com