Warga Balangkunang Kompak Meriahkan Agustusan

SINDANGAGUNG (Mass) – Semarak HUT RI ke 72 sangat terasa di Desa Kertaungaran Kecamatan Sindangagung, terutama di Blok Balangkunang. Masyarakat setempat kompak mempersiapkan perayaan hari bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia tersebut.

Seperti yang baru dilakukan, mereka bekerja bakti membersihkan rerumputan di pinggir jalan dan selokan. Bahkan bibir jalan, mereka percantik dengan cat merah putih.

Bukan hanya itu, tiap gang dibuatkan gapura. Lukisan sang proklamator Bung Karno dan Bung Hatta menghiasi gapura yang mereka bangun secara swadaya.

“Alhamdulillah masyarakat di sini sangat kompak. Para pemudanya juga begitu yang tergabung dalam Peraba. Dalam beberapa hari ini kita mempersiapkan segala keperluan dalam peringatan hari kemerdekaan supaya semarak,” ujar Kadus Puhun Desa Kertaungaran, Tatang Sutandi, Senin (14/8).

Setelah mengikuti jalan sehat serta berpartisipasi dalam pameran pembangunan di lapangan Desa Kertaungaran, pihaknya telah menyiapkan agenda lomba. Pada 17 Agustus nanti, akan digelar lomba makan krupuk, balap kelereng dan futsal ibu-ibu.

“Dilanjutkan pada tanggal 18 yaitu lomba bakiak, makan pisang, balap karung dan kelanjutan futsal ibu-ibu. Tanggal 19 nya, lomba joget ibu-ibu, tarik tambang ibu-ibu, lomba memasukan paku dalam botol untuk anak-anak,” sebut Tatang.

Sabtu (19/8) malam, panggung hiburan akan diselenggarakan. Pentas kreasi seni anak-anak dan remaja akan mewarnai perayaan agustusan di blok tersebut. Keesokan harinya, panjat pinang dan lomba mengambil koin di jeruk.

“Insya Allah peringatan agustusan di sini akan semarak. Ini semua tidak terlepas dari peran serta semua masyarakat di sini, pak kuwu dan para donator,” ucapnya. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com