Uniku dan Unsoed Jalin Kerjasama

KUNINGAN (MASS) – Universitas Kuningan (Uniku) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bertempat di Ruang Senat Unsoed, Purwokerto, Selasa (17/10/2017) melakukan MoU.

Rektor Unsoed Dr Ir Achmad Iqbal MSc, dan Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi, SE MSi, berharap MoU antara kedua perguruan tinggi ini untuk segera ditindaklanjuti dengan program – program yang kongkrit.

Dikdik Harjadi, mengungkapkan, dari sisi usia yang relative masih muda Uniku sudah sepantasnya merintis kerjasama dengan Unsoed. Sebab, Unsud merupakn uiversitas negeri yang cukup tua dan berpengalaman serta memiliki reputasi yang bagus di tingkat nasional.

“Kami secara obyektif melihat Unsoed sebagai salah satu Universitas negeri yang berkembang pesat. Kami memiliki keyakinan bahwa dengan bekerjasama dengan Unsoed ini, akan terjadi proses saling mengisi untuk pengembangan akademik dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di kedua perguruan tinggi tersebut,” ujar Dikdik.

Ia mengungkapkan, secara geografis kedua perguruan tinggi memiliki kemiripan yakni sama-sama berada di lembah gunung tertinggi. Uniku berlokasi di lembah Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat.

Sementara itu, Unsoed berlokasi di lembah Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa tengah. Ikatan bathin lain antara Uniku dan Unsoed adalah terdapat 12 dosen Uniku yang jenjang pendidikan magister dan doktoralnya ditempuh di Unsoed.

Ditempat yang sama Achmad Iqbal juga mengungkapkan, langkah Uniku untuk bekerjasama dengan Unsoed sangat tepat. Mengingat, reputasi yang dicapai oleh Unsoed sejak berdiri pada tahun 1964.

“Dari sisi peringkat, Unsoed termasuk 20 Universitas terbaik di 3000-an Universitas di Indonesia,” jelas Achmad.

Achmad menjelaskan, pihaknya bersyukur MoU antara kedua perguruan tinggi tersebut bisa direalisasikan dan segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA).

“Silahkan, masing-masing pimpinan Fakultas melakukan komunikasi intensif untuk merumuskan bentuk kerjasama kongkrit yang diperlukan oleh kedua PT tersebut,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Achmad menjelaskan, suatu Universitas tidak akan berkembang sendiri tanpa bekerjasama dengan Universitas lainnya.

“Tidak mungkin suatu Universitas bisa berkembang dengan baik, bila tidak melakukan kerjasama. Jadi, kerjasama antara universitas itu suatu keharusan,” tuturnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com