Suhama Diprediksi Calon Kuat Kades Maleber

KUNINGAN (Mass) – Konsentrasi dari kompetisi perpolitikan untuk para bakal calon bupati, nampaknya akan sedikit teralihkan sementara waktu. Ini menyusul akan diselenggarakannya pilkades serentak pada 5 Agustus mendatang.

Pasca di sahkannya UU tentang Desa yang didalamnya mengatur dana desa Rp1 milyar, ajang kompetisi pilkades tidak kalah panas dengan pilkada ataupun pileg.

Lebih dari 90 desa di Kabupaten Kuningan yang akan menyelenggarakannya. Salah satunya Desa Maleber Kecamatan Maleber. Di desa tersebut terdapat 3 calon yang akan bertarung. Diantaranya, Oban Syabana (nomor urut 1), H Eman Sulaeman (nomor urut 2) dan H Suhama SSos (nomor urut 3).

Pilkades di Maleber rupanya menarik perhatian Hamdi Zaenal, ketua Ikatan Rukun Warga Wage Jakarta Raya (Irwaja), salah satu paguyuban perantau Desa Maleber yang ada di Jakarta. Menurutnya, pilkades di desanya itu akan berlangsung cukup panas. Ini karena semua calon yang maju saat ini terlihat sangat potensial.

“Pilkades saat ini nampak berbeda dengan pilkades sebelumnya. Mungkin karena dengan adanya alokasi dana desa yang cukup besar, hingga di setiap desa termasuk Maleber, peminat calon kades sangat tinggi,” tutur Hamdi.

Dengan adanya anggaran desa yang bisa mencapai Rp1 milyar, pria berkepala pelontos itu mengatakan, setiap warga harus memilih calonnya dengan tepat dan tidak boleh salah pilih. Khususnya di Desa Maleber, meski diakuinya semua calon memiliki potensi yang sama baiknya, namun dirinya memperkirakan Desa Maleber akan lebih baik ketika dipimpin oleh H Suhama.

“Semuanya adalah putra terbaik Maleber. Namun dari kacamata para perantau, saya melihat Pak Suhama memiliki pengalaman sebagai pemimpin. Dia sudah terbukti menjadi ketua Imam Jaya (Ikatan Masyarakat Maleber–Jakarta Raya) sebagai organisasi yang sampai saat ini selalu menyatukan warga Maleber di perantauan,” ungkapnya.

Dengan jargon kampanye Maju (Mandiri, Amanah, dan Jujur), Suhama dianggap oleh para perantau Desa Maleber yang pantas menggantikan posisi kades sebelumnya Endang Damiri, yang tidak maju kembali.

“Bukan hanya dari perantau yang menginginkan Pak Suhama untuk memimpin Maleber, tapi insha Allah mayoritas warga Maleber memiliki keinginan yang sama. Karena, sudah banyak hal-hal sosial yang dilakukannya untuk memajukan Desa Maleber,” ucap pria yang pernah membantu pemenangan Anies-Sandi di Jakarta itu.

Diantara kegiatan yang pernah dimotori oleh Suhama, adalah Santunan kepada warga maleber yang terkena musibah. Disamping itu, pemberian sumbangan bagi warga Maleber yang membutuhkan. Kemudian, memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan jompo. Juga, memberikan takziah dan membantu pembangunan balai Desa Maleber.

“Karena kepeduliannya kepada kampung halaman, pak Suhama juga pernah mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh Alm Hj Utje Ch Suganda, saat menjabat sebagai bupati Kuningan,” sebut Hamdi.

Sementara itu, H Suhama tidak terlalu banyak bicara kala dikonfirmasi kuninganmass.com. Pria jebolan universitas 17 Agustus DKI Jakarta itu hanya menegaskan kesiapan dirinya untuk mengbadi kepada masyarakat Maleber.

“Mungkin selama ini saya lebih banyak di perantauan, namun saat ini saya ingin mengabdi untuk desa saya. saya ingin membantu dan membangun Desa Maleber dari dekat,” tekad Suhama. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com