Setelah Tiga Bangunan Terbakar dan Rugi Rp650 Juta, Berapa Total Jumlah Kebakaran?

KUNINGAN (MASS) – Pada Jumat (20/10/2017) sekitar 11.45 WIB tiga bangunan di Dusun Puhun Desa Cigedang Kecamatan  Luragung terbakar. Akibat musibah itu total kerugiuan mencapai Rp650 juta.

Besarnya kerugikan itu karena yang terbakar terdiri  tiga banguna yakni 2 unit bangunan rumah dan 1 dapur/garasi. Bangunan yang Ny Carsiti (65) Ny Yuli (45) dan terakhir Tarudin alias Vesman (52).

Sumber kebakaran berasal dari tungku di dapur milik Ny Carsiti yang masih ada sisa bara apinya. Kemudian api menyambar ke tabung gas 3 kg.

Setelah itu api cepat berkobar  dan merambat ke bilik dan membakar kayu bakar yang berada di antara rumah Ny Carsiti dan Ny Yuli. Kemudian api membakar atap rumah Ny Yuli dan api merambat ke atap bangunan rumah milik Tarudin alias Vesman.

Untuk memadamkan api itu perlu enam tangki air. Dan api bisa dipadamkan jam 12.40 WIB.  Petugas, warga, TNI dan Polri bahu membahu memadamkan . dan Andai tidak sedang melaksankan salat Jumatan kemungkinan besar jumlah keruigan tidak akan sebesar ini.

Adapun jumlah kerugian  yakni dapur dan garasi milik Ny Carsiti kerugian material sekitar Rp50 juta, rumah Ny Yuli kerugian material sekitar Rp250 juita. Kemudian, rumah milik Tarudin kerugian material sekitar Rp250 juta.

Apabila dikalkulasikan barang rumah tangga kedua rumah sekitar Rp100 juta, sehingga total kerugian material sekitar Rp.650 juta.

“Kebakaran terjadi lagi. Padahal setiap saat saya selalu wanti-wanti kepada masyarakat agar tetap waspada,|” ujar kepadal UPTD Damkar Kuningan Bambang Hernaedi MM kepada kuninganmass.com.

Hingga sekarang lanjut dia, total ada 39 kejadian kebakaran yang terjadi dari Januari hinggga Oktober. Akibat kebakaran total kerugian Rp4  miliar.

Agar musibah tidak terjadi kembali lanjut dia, masyarakat harus terus waspada. Pasalntya, setiap kebakaran hanya meninggalkan duka dan cerita. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com