Sambut Lebaran Desa Wisata Cibuntu Tambah Fasilitas Baru

KUNINGAN (Mass)- Menyambut lebaran semu objek wisata di Kuningan sudah bersiap menyambut wisatawan. Begitu juga dengan Desa Wista Cibuntu Kecamatan Pasawahan.

Di desa wisata ini pihak pengelola sudah mensta fasiltas. Bahkan, sudah ada penambhan fasilitas baru yakni berupa bumi perkemahan.

Lokasinya tidak jauh dari air terjun Goong Seeng dan kawasan cagar budaya di Desa Wisata Cibuntu. Buper merupakan hasil reklamasi lahan eks galian pasir.

Bumi perkemahan dilengkapi beberapa fasilitas bagi pengunjung. Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) sebagai pengelola daya tarik wisata dimaksud menyediakan juga paket-paket wisata menarik. Salah satunya layanan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap dan merasakan nuansa pedesaan di kaki Gunung Ciremai.

“Semoga dengan hadirnya fasilitas baru di Desa Wisata Cibuntu, dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Daerah Tujuan Wisata Kabupaten Kuningan,” ucap Kasi Pengembangan SDM Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan Rito Riswanto Mpar.

Diterangkan, yang menarik dari pengembngan buper adalah lahan rusak, lingkungan rusak bekas galian pasir disulap menjadi lebih produktif. Fasiltas ini dibangun oleh salah satu tokoh masyarakat cibuntu sebagai penasihat Kompepar Desa Cibuntu h Jojo selaku kades.

Jojo membangun fasiltas baru bertujuan untuk memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat desa di lokal, sehingga tidak perlu urbanisasi ke kota dan dapat mengelola potensi di desanya sendiri.

Mengenai kesiapan SDM, Lanjut dia, Disporapar Kuningan bersama STP Trisakti Jakarta telah memberikan berbagai pelatihan dari mulai guide, housekeeping. Lalu, gastronomi /kuliner/ masakan, pengembangan paket-paket wisata dan lain-lain. Meliputi management pengelolaan desa wisata.

Sementara itu, pemerintah daerah melalui Disporapar Kuningan tengah menyiapkan beberapa penambahan fasilitas umum lainnya seperti toilet dan gazebo-gazebo, serta pembenahan kampung kambing yang menjadi ikon menarik di desa wisata Cibuntu. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com