Pilkada 2018, Para Kyai Kuningan Sudah Tentukan Dukungan

KUNINGAN- Pelakasanaan Pilkada 2018 sudah semakin dekat. Selain, Pilbup Kuningan, tahun depan juga dihelat Pilgub Jabar dalam agenda Pilkada serentak.

Untuk memuluskan langkah menjadi Gubernur Jabar Ridwal Kamil sudah punya modal berharga.  Modal itu adalah dukugan yang  datang dari para pemimpin pondok pesantren yang ada di Kabupaten Kuningan.

Mereka pada Sabtu (9/9) malam mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Mereka juga berikrar bergabung menjadi tim sukses di tingkat daerah yang terhimpun dalam wadah TrenRK.

“Para pemimpin pondok pesantren dan majelis taklim siap mendukung dan menyukseskan TrenRK menjadi Gubernur Jawa Barat,” ujar Kyai Udi Sahudi salah seorang deklarator saat membacakan naskah deklarasi TrenRK Kabupaten Kuningan di gedung PD IPHI malam.

Penasehat Umum TrenRK Kabupaten Kuningan KH Miftahul Ulum bercerita bagaimana awal-awalnya ia mengaku ragu dengan ketokohan Ridwan Kamil. Namun setelah bertemu langsung dengan Wali Kota Bandung itu dan mendengar langsung prestasi yang sudah dibuatnya di Kota Bandung membuat simpati.

Terlebih lanjut dia, konsep-konsep pembangunannya, terutama keberpihannya pada pesantren membuat semakin yakin. Ridwal Kamil merupakan sosok yang pas menjadi pemimpin Jabar tahun 2018.

Karena itu ia berpesan kepada Ridwan Kamil agar bisa mengayomi kelangsungan kehidupan pesantren, khususnya yang membutuhkan pendanaan infrastruktur pembangunan.

“Pengalaman selama ini, kalau tidak ada “orang dalam” maka bantuan dari pemerintah itu sulit terwujud. Mudah-mudahan Pak Ridwan Kamil jadi ‘orang dalam’ yang akan memfasiltasi para kyai di Kabupaten Kuningan. Insya Allah, para kyai di sini pun menjadi tim sukses Pak RK,” ujarnya.

Sementara itu, para pemimpin pondok pesantren yang ikut deklarasi yaitu KH Az Mutakin (Riyadul Baddiah), KH Miftahul Ulum (Riyadul Awamil), KH Udi Mashudi (Raudlatul Mubtadiin). Lalu, KH. Ma’sum Abdidullah (Darul Qur’an), Kyai Enjam Jamaludin (Al Abror), Kyai Udi Sahudi (Hasan Mawardi), Kyai Asep Saepudin (Darurohman), Kyai Dodo Ali Murtado (Darul Mata’alimien dan dan lain sebagainya.

Menanggapi dukungan dari kalangan pesantren , Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengapresiasi dan menghargai doa dan dukungan yang disampaikan kepada dirinya sebesar apapun.

“Saya terharu, tidak menyangka akan ada acara deklarasi, tahunya hanya akan membahas soal aspirasi pesantren. Ini orang pesantren dan satu-satunya calon gubernur dari kalangan pesantren, masa tidak mau bantu,” ujarnya.

Jika menjadi Gubernur Jabar nanti, Kang Emil akan membuat Perda Pesantren. Menurut dia, manfaatnya, jika ada perda ini, pesantren, kyai, santri tidak perlu pakai proposal untuk mendapat bantuan.

Selain itu, setiap pesantren akan dibantu untuk membuat produk yang bernilai ekonomis. Pesantren tinggal menyiapkan lahan, dan apa yang mau dibuat, nanti pemerintah yang akan membantu pemasarannya.

Untuk di kota kembang Emil sudah banyak program yang dilandasi dengan semangat dan nilai iman dan taqwa. Yaitu, program magrib mengaji, salat subuh berjamaah, zakat PNS via handphone dan kredit Mesra. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com