Partai Perindo Daftar Pertama

KUNINGAN (MASS) – Partai besutan Hari Tanoesoedibjo yakni Perindo, rupanya menjadi partai pertama yang daftar ke KPU. Senin (9/10/2017), Ketua DPD Partai Perindo Kuningan, Endang Kuswara tiba di KPU Kuningan sekitar pukul 11.30 WIB bersama rombongan.

Kepada tim pendaftaran KPU, mereka menyerahkan berkas pendaftaran. Berkas tersebut langsung diperiksa. “Memasuki hari ke 7 pendaftaran, baru Perindo yang menyerahkan berkasnya,” sebut Ketua KPU Kuningan, Hj Heni Susilawati MM.

Berkas yang diterimanya, mencakup 3 dokumen. Mulai daftar nama anggota parpol, salinan KTA parpol serta salinan KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil.

“Berkasnya sedang kita periksa, nanti kalau kurang berkas akan kami serahkan kembali untuk diperbaiki sampai batas akhir penutupan yakni 16 Oktober pukul 24.00 WIB,” jelas Heni.

Setelah pendaftaran, tahapan berikutnya penelitian administrasi menggunakan Sipol (sistem informasi parpol). Ini bertujuan untuk mengetahui dugaan keanggotaan ganda baik internal maupun eksternal partai. Selain itu guna mengecek apakah ada anggota TNI aktif, Polri PNS, usia belum 17 tahun atau belum menikah.

“Lamanya sebulan untuk penelitian ini mulai tanggal 17 Oktober sampai 15 November. Termasuk verifikasi ke lapangan khusus yang terindikasi. Tapi belum verifikasi factual,” terangnya.

Sementara, jumlah parpol calon peserta pemilu di Kuningan, Heni memperkirakan mencapai 17 parpol. 9 parpol pemilu 2014 atau yang sekarang partai parlemen, 3 parpol non parlemen yakni PBB, PKPI dan Hanura. Selebihnya parpol baru sebanyak 8 parpol seperti Perindo, PSI, Partai Idaman, Partai Berkarya, Garuda dan lainnya.

“Itu yang sudah berkoordinasi dengan KPU dan Kesbangpol. Ada 17 parpol calon peserta pemilu. Mungkin kalau di daerah lain lebih dari itu,” tukasnya. (deden)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com