Kuningan Nomor 1 di Jawa Barat

KUNINGAN (Mass)- Komitmen untuk menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai tujuan pariwisata di Jawa Barat dan juga di Indonesia ditunjukan oleh Pemkab Kuningan dengan membentuk Generasi Pesona Indonesia (GenPI). GenPI ini dikukuhkan oleh  Sekretaris Kementrian Pariwisata Indonesia Ukus Kuswara di Pendopo Kuningan pada hari Minggu (6/8) sore.

Ada 50 anggota GenPI yang dikukuh oleh Sekretaris Kemenpar itu. Mereka terdiri dari anak muda yang berasal dari berbagai golongan dan siap membantu memajukan pariwisata di Kuningan melalui promosi dunia maya.

“Di Indonesia baru ada 14 Provinsi yang terbentuk genPI. Kuningan merupakan nomor satu di Jawa Barat. Ini tentu membanggakan karena dibentuk adanya GenPi merupakan komitmen Kabupaten Kuningan dalam memajukan pariwisata Kuningan,” ucap Staf Khusus Kemenpar Bidang Komonikasi Don Kardono.

Diterangkan, GenPI merupakan program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia. Anggota GenPi terdiri atas anak-anak (berjiwa) muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, path, dan lain lain.

Karena fokus promosi dalam dunia digital maka anggota GenPi sering dijuluki “Laskar Digital Merah Putih”. Sosok itu sendiri menjelaskan arti lain GeNPI sebagai Gerakan Nusantara (untuk) Pariwisata Indonesia.

Sementara Sekretaris Kementrian Pariwisata Indonesia Ukus Kuswara yang merupakan pituin Kuningan itu mengatakan, pariwisata merupakan proiritas kedua pemerintah selain pertanian dan kelautan. Kuningan dengan memiliki keindahan yang sangat luar bisa menjadi tujuan wisata nomor satu di Indonesia.

“Kenapa Kuningan akan maju pariwisatanya karena Kuningan memiliki historis panjang baik sejarah nasional dengan Perundingan Linggarjati. Lalu, sejarah kesenian yakni angklung maupun sejarah olahraga,” ucap Ukus yang mengaku merupakan adik kelas bupati ketika SMAN dan juga adik kelas  Sekda Kuningan ketika kuliah.

Terpisah, Bupati Kuningan H Acep Purnama MH  dalam sambutan mengatakan,   Pemerintah Kabupaten Kuningan sedang mengembangkan beberapa obyek wisata guna mendongkrak kunjungan wisatawan nusantara maupun manca negara. Dengan adanya dukungan dari Kemenpar diharapkan wisata Kuningan akan maju.

“Masih banyak potensi wisata yang bellum dikeola optimal, karena terbentur anggaran. Tapi tak sedikit obyek wisata yang dikenal wisatawan luar daerah. Dengan adanya dorongan dari Kementerian Pariwisata dan kementerian lainnya diharapkan menjadi kekuatan untuk melakukan pengembangan pembangunan pariwisataan di Kuningan,” tandas Acep.

Acep memiliki target Kuningan sebagai daerah wisata termaju di Jabar bahkan di Indonesia. Untuk mewujudkan itu perlu dukungan dari semua pihak. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com