Kaderisasi, HMI Komisariat Unisa Gelar Bimtek Maperca

KUNINGAN (MASS) – Jelang Maperca (Masa Perkenalan Calon), HMI Komisariat Unisa mengadakan Bimtek (Bimbingan Teknis), Minggu (1/10/2017). Kegiatan yang dilaksanakan di Panggung Terbuka Kampus 1 Unisa itu membicarkan persiapan Maperca dan beberapa tahapan yang harus diikuti oleh calon kader.

“Silaturahmi dan bimtek Maperca ini kami selenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas calon kader saat Maperca. Biasanya proses rekrutmen kader langsung dimulai dari Maperca tanpa dibekali materi,” tutur Kabid P3A HMI Komisariat Unisa, Yudi Pramudita.

Alhasil, imbuh Yudi, kader yang ikut Maperca masih kebingungan dengan apa yang disampaikan di Maperca. Oleh karena itu bimtek tersebut merupakan salah satu ikhtiarnya selaku pengurus untuk mempersiapkan generasi mendatang yang lebih berkualitas. Maperca itu sendiri direncanakan akan digelar Minggu (8/10/2017) di Hutan Kota Bungkirit mulai pukul 08.00 WIB.

Sementara, Ketua Umum (Ketum) HMI Komisariat Unisa, Asep Karsono mengatakan silaturahmi dan bimtek yang dilakukan satu pekan sebelum Maperca tersebut diharapkan dapat berguna bagi seluruh calon kader. Terutama untuk mendapatkan informasi sehingga leluasa dalam mempersiapkan diri mengikuti Maperca pada hari H.

“Setelah semua calon kader mengikuti Maperca, maka secara otomatis mereka menjadi anggota muda HMI. Masa berlaku keanggotaannya hanya sekitar 6 bulan. Mereka dapat mengubah status keanggotannya menjadi anggota biasa dengan durasi keanggotaan sesuai AD/ART setelah mengikuti Latihan Kader (LK) 1 Basic Training,” terang Asep Karsono.

Ia menyebutkan, tidak sembarang mahasiswa dapat mengikuti LK 1. Namun hanya mahasiswa yang telah Maperca dan dinyatakan lulus Screening Test yang berhak mengikuti forum LK 1. Setelah mengikuti forum, maka keluarlah Surat Keputusan tentang Kelulusan. Apabila sudah dinyatakan lulus forum LK 1 maka mahasiswa tersebut secara sah dapat dinyatakan sebagai kader HMI.

“Untuk kegiatan LK 1 rencananya akan kami gelar di Kuningan Islamic Center (KIC) pada hari Kamis sampai Sabtu tanggal 12-14 Oktober 2017. Saya selaku kader HMI mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk berproses di HMI,” seru dia.

Rencananya, tambah Asep, akan ada bimtek Maperca sesi ke-2 Rabu (4/10/2017) mendatang. Sehingga kepada mereka yang belum sempat mengikuti bimtek Maperca sesi ke-1, dapat mengikuti pada sesi berikutnya. (deden)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com