Ini yang Diinginkan BPBD Kuningan Usai Latihan Gabungan 9 Daerah

KUNINGAN (MASS) –  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Kuningan Agus Mauludin SE berharap kegiatan latihan gabungan penanganan bencana bisa kembali dilaksanakna pada tahun depan. Latihan gabungan yang dilaksanakan selama tiga hari di Kuningan hasil sangat bermanfaat.

Bagi Agus latgab tersebut sangat penting bagi sembilan daerah yang tergabung dalam Badan Kerjasama Antar Daerah yang telah terikat dalam wadah BKAD Kunci Bersama. Ketika terjadi bencana maka dalam penangananya akan mudah karena sudah digelar latgab.

“Tahun ini di Kuningan, nanti mah tahun depan di salah satu  delapan kota/kabupaten yang tergabung pada BKAD. Dengan begini akan ada kelanjutan,” ucap Agus kepada kuninganmass.com usai menghadiri upacara HUT RI di stadion Mashud Wisnusaputra, Kamis (17/8).

Mantan Kabag Humas Setda Kuningann itu mengatakan, untuk tema bisa disesuaiakan. Kalau di Kuningan difokuskan pada penangan bantuan di air (latihan di Waduk Darma, pada latgab kedua bisa penangan longsor atau lainnya.

 

Pihaknya berharap ada komitmen dari pemerintah provinsi baik dari Jawa Barat maupun Jawa Tengah. Dengan adanya komitmen seperti itu maka penanganan dalam bencana bisa lebih optimal.

Sekedar informasi   sembilan daerah yang bergabung dalamn Kunci Bersama adalah Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka. Lalu, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, serta dua daerah di wilayah Provinsi Jawa Tengah yakni Kabupaten Brebes, dan Cilacap.

Nama Kunci Bersama itu sendiri, diambil sebagai gabungan dari nama sembilan daerah tersebut. Dan hingga kini adanya BKAD sangat bermanfaat bukan hanya masalah bencana tapi juga penangan gelandang dan hal lainnya. (agus)

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com