Ini Dia Pesta Rakyat Ala Warga Cigugur

KUNINGAN (MASS)-  Warga Kelurahan/Kecamatan Cigugur punya cara tersendiri dalam merayakan  HUT RI ke 72 dan Harjad Kuningan ke 519. Mereka menggelar acara Pesta Rakyat dengan cara ngagobyag pada Minggu pagi.

Seluruh warga tumpah ruah ke situ untuk menangkap ikan.  Ada yang membawa alat penangkap ikan tidak sedikit yang bermodalkan tangan kosong.

Awalnya air situ dibuang. Setelah tinggal sedikit tanpa dikomando warga langsung turun. Ratusan orang mulai anak, dewasa hingga orang tua baik perempuan ataupun laki-laki turun menangkap ikan.

Selama satu tahun terakhir ini situ tersebut di tebar ikan. Bukan hanya dari bantuan pemerintah tapi juga dari warga sehingga hasil tangkapan warga sangat banyak.

 

“Kegiatan ngagobyag day di situ  hasil kerjasama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Pemerintah Kelurahan Cigugur, Karang Taruna Panca Daya Manunggal Bhakti dan KSM Mitra Binangkit,” ucap Rudi Susanto warga setempat kepada kuninganmass.com.

Rudi yang bertugas di BNN Kuningan menyebutkan, kegiatan ini rutin digelar setahun sekali. Acra ini bertajuk  Ngagobyag Day merupakan pesta rakyat dan yang paling ditungggu-tungu warga.

Dari pantauan kuninganmass.com meski seluruh badan kotor dengan lumpur. Namun warga tampak menikmati momen ini sehingga kebagian terlihat dari muka warga yang turun ke kolam.

Warga yang tidak turun tampak menjadi sponsor bagi warga turun ke kolam. Sorak-sorakan pun terdengar ketika warga berhasil menangkap ikan yang berukuran besar. (agus)

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com