Hanya di Bulan Agustus Seni Tradisi Manggung

KUNINGAN (Mass)- Suka tidak suka di luar bulan Agustus warga akan sulit melihat pertunjukan seni tradisi. Pasalnya, diluar bulan kemerdekaan pertunjukan seni tradisi nyaris tidak diberi ruang.

Ini bisa dibuktikan ketika warga menggelar hajatan. Jarang menghadirkan pertunjukan seni tradisi seperti pencak silat dan pertunjukan tari, melain memilih pertunjukan organ tunggal atau pun musik dangdut.

Minimnya pertunjukan seni trdisi membuat pengurus karang tarun Desa/Kecamatan Garawangi pada saat penutupan Porseni antar dusun menampikan pertunjukan tersebut. Pertunjukan itu dilakukan pada Sabtu malam.

Pada Porseni itu dihadirkan Penampilan Pencak Silat dan Rampak Tabur Bunga. Bukan itu saja pertunjukan tari pun diperlihatkan. Bahkan tiap dusun diwajibkan mengirimkan.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari warga karena merasa bangga pertunjukan seni tradisi terus dilestarikan. Cara ini sangat penting agar generasi muda mencintai seni tradisi.

“Pada saat pembukaan kita tampilkan wayang golek maka pada saat penutupan kita juga menampilan seni tradisi. Diluar itu juga kita tampilan hiburan yag lainnya,” ucap  Ketua Karang Taruna Desa Garawangi Tatang Sutarno SE.

Diharapkan, dengan ditampilkan pertunjukan seni tradisi maka kecintaan dari generasi muda meningkat. Mereka harus bangga dengan apa yang dimiliki.

Sementara itu, acara pekan seni yang dihadiri oleh 1.500 orang juga menghadirkan pertunjuak seni lainya seperti pertunjukan band. Kemudian,drama komedi pabrik, Pantomim Kavling Drama Teater Pesit Garawangi  dan banya lagi.

Mengenai kegiatan porseni Tatang menerangkan, bertujuan mempererat tali persaudaraan di kalangan warga Desa Garawangi. Kemudian, memberi kesempatan kepada generasi muda untuk mengembangkan bakat di bidang olah raga dan seni.

Tatang menyebutkan, kegiatan Porseni dihelat dari tanggal 5- 19 Agustus 2017 yang di ikuti oleh 5 Dusun (Puhun, Manis, Kaliwon, Pahing dan Nanggerang). Adapun jenis kegiatan perlombaan yakni Gerak Jalan Santai, Futsal SD dan SMP, Tenis Beregu, bola voli Umum, solo vocal dan pidato anak-anak.

 

 

“Adapun pemenang Porseni Karang Taruna Desa Garawangi tahun 2017 yaitu Dusun Kliwon dengan perolehan 3 Emas dan 2 perak,” jelasya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com