Dengan Penuh Keharuan Lima Mahasiswa Dilepas ke Malaysia

KUNINGAN (Mass)-  Lima orang tua mahasiswa Uniku yang akan dikirim ke Malaysia tampak terharu ketika melepas anak-anaknya. Wajar saja mereka terharu karena harus terpisah dengan anaknya. Selain itu juga ada rasa banggga karena dari ribuan mahasiswa hanya lima orang yang terpilih.

Ya, lima orang itu ikut ke Malaysia untuk mengikuti “UUM International Summer Programme 2017” di kampus Universitas Utara Malaysia di Sintok, Kedah, Malaysia. Lima mahasiswa itu berasal lima Fakultas yakni Nursidik (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Dede Husen (Fakultas Komputer), Dedi Suryadi (Fakultas Kehutanan), Nadya Lova Ramadhanti (Fakultas Hukum) dan Vierda Dewi Rahmawati (Fakultas Ekonomi).

Mereka akan berada di negeru jiran selama sepuluh hari (11-20 Agustus 2017) untuk mengikuti rangkaian kegiatan Summer Programme yang bernuansa akademik, budaya, sosial-budaya dan kepemimpinan. Keberangkatan mereka dilepas secara resmi oleh Rektor Uniku Dr H Dikdik Harjadi SE MSi di Gedung Rektorat, Rabu (9/8).

Rekor mengungkapkan, program ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya mengirimkan satu mahasiswa untuk mengikuti sit in program di Rajamanggala University of Technology Krungthep (RMUTK), Bangkok Thailand.  Kegiatan Summer Programme ini menjadi wahana bagi mahasiswa terpiih Uniku agar mengalami dan merasakan langsung iklim dan budaya akademik perguruan tinggi di luar negeri.

“Pengalaman internasional ini akan sangat bermanfaat bagi masa depan mereka karena akan mendapat pengetahuan dan wawasan internasional,”  ucap dia.

Dikdik menekankan pentingnya program ini mengingat Uniku secara pelan tapi pasti terus membangun kerjasama internasional antar perguruan tinggi dan lembaga-lembaga internasional lainnya, baik di kawasan ASEAN, Asia-Pasifik, Australia maupun Eropah.

“Keikutsertaan mahasiswa Uniku di ajang internasional UUM ini merupakan salah satu realisasi Nota Kesepahaman atau MoU antara Uniku dengan UUM yang ditandatangani awal 2016 lalu. Sebelumnya kami mengirim dua delegasi di ASEAN-Japan Research Forum di kampus Kanzai University of International Studies, Osaka, Jepang, Summer Course serta Workshop tentang Publikasi Jurnal Internasioal,” tutur rektor.

Kepada para mahasiswa program UUM Internasional Summer Programme 2017, Dikdik berpesan agar secara aktif terlibat dalam seluruh kegiatan serta menjaga nama baik Uniku, bangsa dan negara selama berada di negeri jiran tersebut.

Terpisah, Nurjanah ibunda Vierda Dewi Rahmawati, salah seorang mahasiswa mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Uniku yang memercayakan puterinya iku serta dalam even bertaraf internasional. Kesempatan ini langka maka ia sudah berpesan kepada anaknya agar memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Sementara perwakilan dari mahasiswa yakni Nursidik menyebutkan, ia dan empat orang mahasiswa lainya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan berharga ini untuk turut berkontribusi bagi kemajuan kampus. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com