Belum Padam Total, Api di Ciremai Beberapa Kali Nyala Lagi

KUNINGAN (MASS) – Kondisi kebakaran di Taman Nasional Gunung Ciremai hingga Jumat (22/9/2017) jam 11 siang  berhasil di padamkan, meski terlihat masih ada kepulan asap dari bekas sisa yang belum seluruhnya padam.

Pada Jumat dini hari sekitar jam 1 api sempat padam. Namun, ternyata pagi harinya api kembali menyala di Blok Cipanggu masih di kawasan Kecamatan Pasawahan . Faktor suhu panas membuat api kembali berkobar.

Para pertugas yang terdiri dari  TNGC, MPA, aparat, BPBD, TNI, dan Polri bahu membahu memadamkan api. Meski sudah padam para petugas terus berjaga-jaga.

“Tadi rombongan dari kecamatan bersama tim dari Polres Kuningan ke atas dan berhasil memadamkan api. Mereka turun jam 11 siang. Sebenarnya masih ada kepulan asap tapi untuk api sudah berhasil dipadamkan,” ujar Camat Pasawahan Eko kepada kuninganmass.com, Jumat (22/9/2017).

Eko yang mengutus MP untuk membantu proses pemadaman menyebutkan, kekhawatiran terjadi kebakaraan susulan menghantui petugas, karena suhu sangat panas.

Ketika malam hari cuaca dingina apa berhasil dipadamkan. Namun, begitu suhu panas api kembali nyala dan saat ini berharap tidak nyala lagi.

Sementara itu, Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman SE MSi usai meresmikan balai wartawan di Polres Kuningan langsung bergegas untuk meninjau ke lokasi. Orang nomor satu di kepolisian Kuningan itu ingin mengetahui sejauh mana proses pemadaman.

Polres Kuningan sendiri menerjunkan tim untuk membantu proses pemadaman. Hingga jam 11 siang api berhasil dipadamkan dan tidak meluas ke Kebun Raya Kuningan.

“Untuk Kebun Raya Kuningan Alhamdulilah aman. Kami terus berjaga-jaga jangan sampai api masuk ke KRK,” timpal Kasubag TU UPTD KRK DLH Kuningan Ir Asep Zulkarnaen. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com