“Bebegig Sawah” Membuat Bupati dan Ketua Dewan Terpukau

KUNINGAN (MASS) – Jelang akhir karnaval budaya, rombongan mahasiswa dan dosen dari Uniku mementaskan kesenian kolaborasi seni musik dan teater yang memukau. Teater jalanan mereka berhasil memukau para pejabat yang duduk di panggung kehormatan.

Bupati H Acep Purnama MH tampak duduk serius menyaksikan tiap gerakan dan nyanyian yang dibawakan rombongan Uniku. Sama halnya dengan Ketua DPRD Rana Suparman SSos, Kapolres AKBP Yuldi Yusman dan juga Dandim 0615 Letkol Inf Arief Hidayat.

Ratusan mahasiswa dan dosen mengenakan pakaian serba hitam. Di atas kepala mereka dipasang seonggok jerami. Begitu juga dengan pinggang mereka, jerami melingkar menyerupai rok. Semuanya serba jerami menggambarkan bebegig sawah.

Bukan hanya tubuh peserta karnaval, beberapa mobil yang dibawa pun bernuansakan jerami. Lewat pengeras suara, nyanyian berbahasa Sunda dialunkan yang disambut serempak oleh ratusan peserta.

Lamun Hukum teu bisa ngusir maling, seurahkeun bae ka bebegig sawah (Kalau hukum tak bisa mengusir pencuri, serahkan saja kepada orang-orangan sawah,” bunyi nyanyian tersebut sesuai dengan tulisan spanduk yang dibentangkan.

Meski tidak dijelaskan hendak ditujukan kepada siapa nyanyian tersebut, namun beberapa penonton menyatakan apresiasinya. Bahkan Ketua DPRD Rana Suparman SSos sempat menyalami salah seorang dosen yang wajahnya terdapat coretan warna.

“Bagus sekali,” singkat Rana sambil membungkukkan badannya dari atas panggung kehormatan.

Menurut Kepala Laboratorium Dapur Sastra Universitas Kuningan (Uniku) Arif Hidayat, M.Pd. mengatakan, untuk tahun ini kegiatan karnaval alegoris diikuti oleh kurang lebih 380 mahasiswa Universitas Kuningan dari berbagai Program Studi (Prodi).

“Ya, ada 380 mahasiswa yang mengikuti kegiatan teater jalanan karnaval alegoris tahun ini,” tuturnya.

Selain itu, Arif menjelaskan, walaupun panas terik pada saat karnaval alegoris, namun tidak menyurutkan semangat mahasiswa dalam penampilannya. Mereka, larut dalam teater tersebut dengan penuh semangat.

“Alhamdulillah, walaupun panas namun tidak surut semangatnya. Bahkan, tambah semangat mahasiswanya. Terimakasih, untuk semua yang sudah ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan teater jalanan pada karnaval alegoris tahun ini. Semoga kita tahun depan bisa menampilkan kembali teater jalanan dengan tema-tema yang lainnya. UNIKU JAYA !!!,” tegasnya.

Turut hadir ikut serta berjalan kaki bersama dengan rombongan teater jalanan, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., beserta jajarannya, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., beserta jajarannya dan seluruh civitas akademika Uniku. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com