Apa Sih E-Samsat dan T-Samsat? Ini Penjelasannya

KUNINGAN (MASS)- Untuk memperkenalkan secara luas mengenai program E-Samsat dan T-Samsat,  Kantor Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Kuningan menggelar sosialiasi terharap SKPD yang ada di Kuningan.

Acara ini digelar  ruang Rapat Linggarjati Setda Kabupaten Kuningan  pada Rabu (11/10/2017). Hadir Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada yang membuka acara ini.

Selain itu hadir  Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Kuningan Dra Hj Susiawati MSi. Lalu, hadir

Hadir dalam acara tersebut  Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Pincab bank bjb  Cabang Kuningan Maman Rukmana dan para perserta sosialiasi.

Menurut Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Kuningan Dra Hj Susiawati MSi, menyebutkan,  E-Samsat merupakan salah satu inovasi dari Tim Pembina Samsat Jawa Barat dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK.

“Cara pembayaran yakni melalui ATM Bank yang telah bekerja sama di seluruh wilayah Indonesia,” Susi.

Sementara itu T-Samsat adalah Tabungan Samsat.  Melalui T-Samsat masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor akan jauh lebih mudah dalam melaksanakan kewajibannya melaksanakan pengesahan STNK tahunan, membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) serta membayar sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ).

Karena melalui layanan T-Samsat ini masyarakat cukup mendatangi kantor cabang bank bjb terdekat. Mereka menyerahkan fotokopi identitas diri, fotokopi STNK serta buku tabungan maupun kartu ATM bank bjb kepada petugas customer service bank.

Untuk  selanjutnya akan membantu untuk melakukan registrasi layanan T-Samsat. Setelah berhasil melakukan registrasi, maka masyarakat akan diberikan bukti sebagai tanda bahwa proses registrasi T-Samsat telah selesai dan nasabah telah terdaftar didalamnya.

“Selanjutnya biarkan sistem yang bekerja karena bank bjb akan melakukan pembayaran PKB yang anda miliki secara otomatis melalui sistem autodebet,” ujarnya.

Susi berharap warga Kuningan terutama PNS memanfatkan program ini karena sangat memudahkan. Dengan memayar pajak tepat waktu ikut mendukung semua program pemertintah karena dari pajak itu 30 persen dikembalikan kepada daerha. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com