90 Dosen Uniku Terjun Lakukan Penelitian

KUNINGAN (Mass) – Sedikitnya 90 Dosen Uniku (Universitas Kuningan) terlibat dalam sebuah penelitian yang berjumlah 83 judul. Puluhan judul penelitian itu, masuk dalam program penandatanganan Surat Perjanjian Penugasan Penelitian (SP3) yang dilakukan para dosen dengan disaksikan langsung Rektor Uniku, Dr Iskandar MM didampingi Warek I, Dr Abdul Muis MSi, serta Kepala Bidang Penelitian LPPM, Oding Syafrudin MM kemarin, Sabtu (11/6).

Dalam laporannya, Kepala Bidang Penelitian LPPM, Oding Syafrudin MM sangat mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih, kepada seluruh dosen Uniku yang terlibat pada program SP3 tersebut.

“Terimakasih kepada bapak dan ibu dosen yang berpartisipasi serta memenuhi undangan kami, dalam rangka melaksanakan tugas akademik penelitian yaitu penandatanganan SP3 Tahun 2016. Alhamdulillah, jumlah penelitian pada tahun ini meningkat cukup pesat bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dijelaskan, pada pelaksanaan penelitian di Tahun 2016 sendiri terbagi menjadi dua kategori penelitian, yakni penelitian internal yang sumber dananya dari Uniku dan penelitian yang sumber dananya dari Dikti.

“Ada 73 Judul penelitian yang sumber dananya dari internal kampus Uniku, dan 10 Judul penelitian yang sumber dananya dari Dikti,” sebutnya.

Sementara Rektor Uniku, Dr Iskandar MM menuturkan, penelitian merupakan salah satu peningkatan kualitas dosen dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adanya penelitian, setidaknya akan menentukan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) sebagai representasi suatu  institusi pendidikan.

“Alhamdulillah, setiap tahun selalu ada peningkatan kinerja penelitian, baik penelitian internal maupun penelitian dari Dikti. Untuk tahun ini, tingkat partisipasi dosen dalam melakukan penelitian mencapai angka 60 persen kenaikannya, bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menaruh harapan besar dengan meningkatnya partisipasi kinerja penelitian dosen, bisa bermanfaat bagi karir para dosen sendiri maupun bagi karir lembaga itu sendiri, yakni karir Uniku kedepan. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com