Taman Batang Pasir, Indah Tapi Belum Terjamah Optimal

DARMA (MASS) – Kuningan memang kaya potensi pariwisata. Salah satunya Taman Batang Pasir yang indah nan pesona akan keindahan pemandangan alamnya. Destinasi baru tersebut terletak di kaki Gunung Ciremai yang masuk kawasan Desa Karangsari Kecamatan Darma.

Untuk sampai ke lokasi, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pengunjung perlu menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 km dari pemukiman penduduk atau dari Balai Desa Karangsari.

Namun jarak bukanlah menjadi kendala. Sebab sepanjang perjalanan pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam yang menyejukkan. Ditambah lagi sudah bisa diakses kendaraan roda 2 dan roda 4 meski jalan tidak mulus.

Selain itu pengunjung juga nantinya akan dimanjakan dengan pepohonan pinus dan berbagai macam tanaman seluas 10 hektar. Namun pengunjung harus rela berjalan kaki lagi sekitar 700 m dari lokasi taman.

Rupanya, wisata alam ini baru dideklarasikan pada Agustus 2017. Potensi alam yang terdapat di obyek wisata tersebut begitu melimpah.

“Awalnya obyek wisata ini hanya percobaan pada tahun 2006 namun pada bulan Agustus tahun 2017 kemarin alhamdulillah wisata alam ini sudah dideklarasikan oleh Disporapar dan Taman nasional serta dihadiri pula oleh Perguruan Tinggi Trisakti Jakarta dan Untag Cirebon,” ujar Ketua Pengelola Wisata, Aen atau biasa disapa Guru Aen, Minggu (1/4/2018).

Namun sampai saat ini Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Desa belum memberikan perhatian dan bantuan terkait potensi alam ini. Dia berharap agar pemerintah tidak tutup mata. Sebab selain bantuan dana, diperlukan pula ahli bahasa dan listrik.

“Padahal sebenarnya mereka itu tahu bahwa dengan adanya potensi-potensi alam ini perekonomian masyarakat akan naik, dan seharusnya pemerintah itu bangga. Jadi saya harap pemerintah jangan tutup mata,” harapnya. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com