Objek Wisata di Kuningan Mulai Dipercantik

KUNINGAN (MASS)- Menjelang lebaran semua objek wisata yang ada di Kuningan mulai bersolek. Hal ini pun dilakukan oleh objek wisata yang berada di bawah pengelolaan PDAU Kuningan. Salah satu yang dipercantik adalah Waduk Darma.

Waduk Darma tetap menjadi ikon Kabupaten Kuningan. Ini terbukti dengan jumlah pengunjung yang tidak pernah sepi. Pada tahun 2017 sendiri lebih dari 100 ribu pengunjung datang ke waduk yang menenggelamkan sembilan desa itu.

“Kami sudah mempecantik semua objek wisata, agar pengunjung lebih betah. Karena bagi pengelola wisata libur lebaran merupakan masa panen,” ujar Direktur PDAU Kuningan, Imam Rozali, ST, MT ” kepada kuninganmass.com Selasa (29/5/2018).

Selain pembenahan secara fisik, dari segi pelayanan pun senantiasa terus ditingkatkan. Beberapa wahana wisata juga tengah disiapkan oleh pihak manajemen, sehingga bisa menambah keceriaan para pengunjung yang datang. Mereka akan merasa betah tinggal di Waduk Darma.

Sekedar informasi Kabupaten Kuningan memiliki 45 objek wisata. Dari jumlah tersebut kuninganmass.com akan merinci 10 objek wisata yang paling banyak dikunjungi selama 2017.

Adapun dari data Dinas Pemuda, Olaharaga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan total kunjungan wisatawan pada tahun 2017 adalah 3.071.635 orang. Jumlah ini hasil gabungan dari pengunjung rumah makan, hotel dan objek wisata.

Untuk tempat objek wisata sendiri adalah 1.444.783 orang. Ternyata peringkat pertama adalah Objek Wisata Kolam Renang Cibulan. Tempat wisata yang terdapat ikan dewa dan sumur tujuh ini total dikunjungi wisatawan sebanyak 105.918 orang.

Tempat ini banyak dikunjungi oleh orang “penting”. Dua jendral purnawirawan yakni Agum Gumelar dan Tri Sutrisno sudah beberapa kali ke tempat ini. Termasuk pada tahun 2017. Begitu juga para pejabat lainnya.

Peringkat kedua ditempati oleh Curug Landung yang terletak di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur. Tempat indah dengan panorma alam yang masih segar itu membuat pengunjung betah dan nyaman.

Tempat wisata ini merupakan pendatang baru sehingga bisa mengalahkan obek wisata yang sudah lama berdiri. Total kunjungan ke tempat ini adalah 102.612 orang.

Sementara peringkat ketiga objek wisata yang paling sering dikunjungi adalah Waduk Darma. Tempat ini menjadi ikon Kabupaten Kuningan. Ada istilah yang berkembang di masyarakat Kuningan yakni “Jangan Ngaku Pernah Berkunjung ke Kuningan Kalau Belum Pernah ke Waduk Darma”. Total jumlah kunjungan ke tempat ini adalah  100 ribu-an.

Untuk peringkat ke empat yan sering dikunjungi adalah Objek Wisata Linggarjati Indah. Tempat ini dikunjungi wisatawan sebanyak 97.041 orang. OWLI sendiri menawarkan wisata air dengan banyak pilihan. Bukan hanya itu pohon rindang, sejuk dan tempatnya luas membuat tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat outbond, sehingga pengunjung nyaman.

Adapun peringkat ke lima adalah Bumi Perkemahan Palutungan Desa Cisantana Cigugur dengan jumlah kunjungan 91.009. Di lokasi ini selain bisa melakukan camping bersama keluarga atau teman, juga bisa mengunjungi Curug Putri yang merupakan salah satu curug terbaik di Kuningan.

Menyusul kemudian peringkat ke enam yakni Taman Sukageri View. Objek wisata ini cocok untuk melakukan foto selfie  karena pemandangan yang indah. Dan yang paling utama adalah tarif masuk murah sehingga tidak heran ada 87.088 orang yang berkunjung.

Peringkat tujuh dihuni oleh Gedung Naskah Perundingan Linggarjti Kuningan. Gedung sarat bersejarah ini total dikunjungi oleh 77.854 wisatawan.

Hebatnya bukan hanya wisatawan lokal yang datang tapi juga wistawan mencanegara. Total ada 126 orang. Kebanyakan mereka itu datang dari negera Belanda.Ternyata peringkat ke delapan diduduki oleh Kolam Mandi Grage Sangkan dengan total 72.339 orang. Selain tempatnya luas, di tempat ini pengunjung diberikan pilihan renang di kola air dingin dan panas.

Untuk peringkat ke sembilan adalah Curug Sidomba yang terletak di Desa Pesuing Kecamatan Jalaksana. Pengunjung yang datang ke objek wisata milik calon Bupati Kuningan H Dudy Pamuji itu adalah 66.494 orang. Peringkat terakhir yang paling banyak dikunjungi adalah kolam renang J & J yang terletak di Desa Bojong Kecamatan Cilimus. Total ada 58.760 ribu wisatawan yang datang.

Tempat ini selain ada kolam renang juga ada kebun binatang mini, sehingga pengunjung mendapatkan dua pilhan yang sama-sama menyenangkan. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com