Ayo Piknik ke Taman Cisantana!

CIGUGUR (MASS) – Desa Cisantana Kecamatan Cigugur merupakan desa wisata. Hal ini di buktikan dengan banyaknya tempat wisata yang sering kali dikunjungi banyak wisatawan setiap harinya. Bukan hanya Palutungan, Tenjo Laut, Ipukan dan lainnya, tapi di desa itu pun kini muncul destinasi baru yaitu Taman Cisantana.

Taman Cisantana merupakan salah satu tempat untuk mehilangkan rasa jenuh dan penat yang melanda. Unit BUMDes  dengan dikelola oleh para pemuda yang terbentuk di dalam sebuah wadah organisasi kepemudaan Malar Aman beranggotakan 10 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 3 perempuan.

Dalam pengelolaannya, selain tebing yang menjulang tinggi dan taman berbentuk matahari menjadi ciri khas Taman Cisantana ini. Banyak juga wahana-wahana lainnya, diantaranya ada jembatan di atas tebing, sepeda gunung, ayunan gantung, rumah buah-buahan, color stairs, dan gajebo.

“Ada juga fasilitas tambahan seperti Toilet, Mushola, dan warung-warung jajanan lainnya. Ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga dan ngetripnya anak muda,” ucap Idar Idaryanto Budiman selaku Kepala Taman Cisantana kepada kuninganmass.com, Kamis (8/2/2018).

Idar menjelaskan, keseluruhan Luas wilayah Taman Cisantana diperkirakan seluas 5 hektar dan baru 2 hektar yang telah di kelola. Selebihnya masih dalam tahap pengembangan pembangunan. Walaupun demikian para wisatawan yang berkunjung terbilang ramai. Di hari-hari biasa kisaran 40 Orang wisatawan dan di hari weekend bisa sampai 300 pengunjung bahkan lebih.

“Untuk alokasi keuntungan  itu disalurkan ke Bumdes 20%, gajih karyawan 30%, dan 50% untuk penataan dan pembangunan Taman. Hanya dengan merogoh kocek 10.000/orang kita dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan Taman,” tuturnya.

Dari sisa luas 3 hektar yang sekarang masih dalam tahap pembangunan. Kedepannya, akan ada penambahan wahana olah raga panjat tebing, lahan untuk Bumi Perkemahan (Buper) dan panggung alami untuk event-event.

“Seluruh pasilitas yang telah ada di Taman Cisantana ini merupakan Ide-ide pemuda Malar Aman,” terangnya.

Sementara, seorang pengunjung Amud Saputra mengatakan, taman Cisantna ini udaranya sejuk dan pemandangan alam yang indah masih asri. Fasilitas cukup bagus dan bagi kaum muda yang gemar dengan fotografi main selfie-selfie untuk diabadikan dan menjadi kenangan.

“Walaupun sudah ke 4 kalinya saya berkunjung ke Taman Cisantana ini tapi saya tidak merasa bosan dan jenuh karena setiap kalinya saya berkunjung selalu saja ada wahana baru,” ujarnya. (aban)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com