Rincian Juara Kuningan Open II

KUNINGAN (MASS) – Gelaran even kejuaraan nasional silat Kuningan Open II di Gor Ewangga beres digelar. Even kali kedua itu  untuk Piala Bergilir diraih SMAN 3 Kuningan. Sementara untuk  Kategori usia 9-12 Juara umum 1 Padjadjara Nasional  Cirebon,  Juara  Umum 2 Budi Asih Cirebon, Juara  Umum 3 Cimahi .

Sementara itu, Kategori Usia 13-16  adalah  Juara umum 1, SMAN 3 Kuningan, Juara Umum 2 SMAN  Luragung dan Juara Umum 3 Budi Asih Cirebob. Sedangkan  Juara umum 17-25 yakni  Juara umum 1 Untag Cirebon, Juara Umum 2 Paksi, Juara umum 3 Uniku.

“Alhamdulillah acara berlangsung lancar dari tanggal 17-20 November. Selamat kepada para pemenang dan selamat berjumpa pada tahun depan,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Iyan Irwandi, SIP, Selasa (20/11/2018).

Diterangkan,  atlet yang ambail bagian adalah sebanyak 850 pesilat yang berasal dari  perwakilan perguruan silat, klub, sekolah, perguruan tinggi yang ada di Indonesia.  Ia tidak menyangka karena pada kejuaraan nasional silat Kuningan Open tahun ini  pesertanya sangat membludak. Ini  melebihi target yang diharapkan atau dua kali lipat lebih dari peserta kejuaraan serupa di tahun sebelumnya.

Ratusan pesilat yang sebagian besar berasal dari tujuh provinsi itu  turun di tiga kategori pertandingan kumite berdasarkan usia. Adapun ketiga kaetgori itu usia 9-12 tahun atau usia dini (kelas A-G putra dan putri), usia 13-16 tahun atau remaja (kelas A-I putra da putri) serta usia 17-25 tahun atau dewasa (A-F putra dan putri).

Diterangkan,  PBSS Kuningan selaku penyelenggara, harus bekerja ekstra keras agar dalam pelaksanaan kejuaraan silat yang melibatkan wasit dan juri Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat. Kemudian, mereka bakal dibantu wasit dan juri Pengurus Cabang (Pengcab) IPSI Kuningan.

“Ini yang beda, proses penilaian tiap babaknya  tidak dilakukan manual, melainkan menggunakan penilaian digital dengan melibatkan beberapa teknisi tim IT yang sudah berpengalaman,” jelasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com