Warga Cimenga Punya Masjid Baru

DARMA (MASS) – Masyarakat Dusun Ciawitali Desa Cimenga Kecamatan Darma kini bisa beribadah lebih nyaman. Pasalnya, sebuah masjid baru dengan ukuran lebih luas, baru saja selesai dibangun.

Masjid tersebut berukuran 12×12 meter persegi. Sejak diresmikan 28 Desember 2018 lalu, masjid yang dinamai Dima Mahdi Khujaila itu kini dapat menggunakannya untuk sholat jumatan.

“Biaya pembangunannya difasilitasi oleh Yayasan Bina Muwahidin (BMW) Surabaya yang bersumber dari donator Saudi Arabia,” terang Drs Rosid Ismail MPdI, mediator BMW di Kuningan, Kamis (10/1/2019).

Ia menjelaskan, BMW merupakan yayasan yang memfasilitasi pembangunan masjid-masjid di Indonesia, termasuk di Kuningan. Pada 2018, sedikitnya sudah 10 masjid yang selesai dibangun.

“Diantaranya masjid di Akfar Muhammadiyah (STIKes Muhammadiyah), Masjid STKIP Muhammadiyah, MAN Luragung dan lainnya. Masih ada 2 masjid yang masih dalam proses pembangunan,” sebutnya.

Dua masjid yang masih dalam proses itu diantaranya masjid di Perum Quanta Bayuning dan masjid di Margabakti Kadugede. Rosid berharap, pada akhir Januari ini bisa diresmikan.

“Ada satu masjid lagi yang belum diresmikan, hanya lokasinya bukan di Kuningan melainkan di Kecamatan Talaga Majalengka,” kata Rosid.

Pada peresmian masjid di Cimenga, perwakilan dari Yayasan BMW, Ustad Ali Jumali yang tampil. Hadir sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat Cimenga beserta pemdes setempat. Kades Cimenga Nina SPd yang diwakili dan hadir pula Ketua BPD, H Udin.

“Kami berharap masjid ini dimanfaatkan degan baik. Bukan hanya untuk sekadar ibadah sholat tapi juga digunakan sebagai tempat pembinaan keagamaan masyarakat serta memperkuat ukhuwah islamiyah,” pesan Ali.

Ia mengapresiasi kebersamaan masyarakat Cimenga yang berhasil menuntaskan pembangunan masjid dengan baik. Padahal biaya yang difasilitasi yayasan tidak cukup. Diapresiasi pula sosok Suwitno yang telah ikhlas mewakafkan tanahnya untuk sarana ibadah.

Ketua PD Muhammadiyah Kuningan, Drs Wahid TBK pun berkesempatan hadir. Tak terkecuali aparat Pemerintah Kecamatan Darma. Masyarakat menyambut gembira kehadiran masjid baru yang kokoh dan lebih luas itu. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com