Pilih Lomba Memasak Nasi Liwet Dari Pada Balap Karung

KUNINGAN (MASS)-  Tidak ingin kalah dari  orang yang lain dalam memeriahkan HUT RI ke 73, Karang Taruna Desa/Kecamatan  Garawangi menggelar acara. Ada dua acara yang digelar yakni Festival Musik Perkusi dan Memasak Nasi Liwet. Dua lomba ini digelar di Alun-alun Garawangi.

Kegiatan dipilih pada Sabtu  (18/8/2018) malam agar lebih meriah. Untuk pesertanya pun merupakan warga dari tiap dusun yang ada di desa setempat. Untuk peserta sangat banyak terutama untuk lomba nasi liwet yang diikuti oleh 28 grup. Setiap grup terdiri dari lima orang.

Menurut Asep Saefullah salah seorang panitia,  kegiatan peringatan HUT ke 73 RI ini mengangkat tema “Mieling HUT ke 73 RI ku cara ngamumule budaya sunda”. Sengaja tema ini lebih dikedapankan karena denga cara melestarikan budaya Sunda maka tidak melupakan para leluhur.

“Kami sengaja mengharuskan setiap dusun mengirim peserta karena acara ini memang lebih ke arah memeriahkan HUT RI, sehingga bukan bagus atau tidak ataupun pintar dan lihai tapi lebih kearah partisifasi dan alhamdulillah responsnya sangat bagus,” ujar Asep.

Mengenai lomba nasi liwet karena lomba ini jarang ada yang melirik. Padahal  dengan banyak alat masak yang modern maka generasi muda terlupakann sehingga memilih yang instan. Dari lomba nasi liwet banyak hal positif, salah satunya adalah menjaga kekompakan.

“Kan kalau lomba memasak nasi liwet, nasinya bisa bareng-bareng dimakan sehingga lebih seru dan tentu unsur kerbersamaannya tinggi,” ujarnya.

Sementara itu untuk festival perkusi panitia menginginkan agar warga tidak melupakan alat musik ini. Banyak yang tidak bisa memainkan. Padahal suaranya tidak kalah indah dari gitar dan memiliki ciri khas tersendiri. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com