Peduli Lingkungan, TNI Tanam Sejuta Pohon

MANDIRANCAN (Mass) – Ada beragam aksi nyata yang dilakukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam pengabdian terhadap bangsanya. Salah satunya yakni aksi penanaman sejuta pohon yang dilakukan di kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK) Padabenghar Mandirancan Kuningan kemarin, Rabu (23/3).

Penanaman pohon yang dikomandani langsung Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat SIp, dilakukan usai pelaksanaan Apel Danramil dan Babinsa Tahun 2016 yang bertajuk Melalui Apel Danramil dan Babinsa Tahun 2016, Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan sebagai Ujung Tombak TNI-AD, Dalam Rangka Mendukung Terciptanya Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat. Hadir dalam kegiatan itu Kasdim Mayor Inf Riza Taufiq Hasan Sip, Perwira Kodim 0615/Kuningan, Bintara dan Tamtama Kodim 0615/Kuningan, Polres Kuningan dan tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat SIp menilai, aksi penanaman sejuta pohon itu untuk menciptakan kawasan hutan sebagai paru paru kota, agar lingkungan menjadi asri dan hijau di tengah masyarakat. Diharapkan, melalui kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi kelangsungan hidup dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

“Kegiatan pelestarian lingkungan sangat penting. Seperti rehabilitasi hutan, reboisasi dan penghijaunan untuk mencegah pemanasan global dan kebakaran hutan lahan,” katanya.

Dandim Arief juga berpesan, sebagai prajurit TNI harus selalu memantapkan semangat dedikasi, motivasi, ketulusan mengabdi kepada bangsa dan negara. Sebab, sebagai Babinsa harus tetap semangat dalam pembinaan teritorial.

“Karena, Babinsa adalah garda terdepan. Apalagi, pada saat ini banyaknya yang berkepentingan terlebih lagi menyangkut dengan politik. Kedepan, para Babinsa akan mengisi materi wawasan kebangsaan dengan materi empat pilar kebangsaan dan bahaya narkoba serta Outbond yang akan dilaksanakan di sekolahan, pemerintahan desa dan kecamatanm,” bebernya.

Tak hanya penanaman pohon, dalam kegiatan itu juga diisi pembekalan materi yang disampaikan Kapten Inf Ibnu Sahid Danramil 1506/Cibingbin mengenai Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial, Kapten Inf Dilham Danramil 1505/Ciwaru soal Empat Pilar Kebangsaan, dan Ipda Faisal KBO Sat Intelkam Polres Kuningan materi tentang Radikalisme dan Terorisme.

“Semoga, apa yang disampaikan oleh pemberi materi dapat bermanfaat bagi kita semua dalam pelaksanaan tugas kedepannya. Sehingga, kita selalu menjaga kekompakan, keberhasilan, dan keterbukaan,” pungkas Dandim.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com