Momen Kartini, Aktivis IMK Berbagi Bunga

KUNINGAN (Mass) – Memanfaatkan aktivitas Car Free Days (CFD) di seputaran jalan Siliwangi Kuningan, puluhan aktivis Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) yang berkuliah di wilayah Cirebon menggelar aksi simpatik dengan bagi-bagi bunga, dalam rangka momentum Hari Kartini. Aksi ini spontan menyedot perhatian ratusan warga yang tengah menikmati suasana CFD di depan kawasan Masjid Syiarul Islam Kuningan kemarin, Senin (25/4).

“Kita sengaja melakukan aksi bagi-bagi bunga ini untuk memperingati sosok pejuang emansipasi perempuan, yang kini lebih dikenal dengan Hari Kartini. Makanya, kita banyak melibatkan kader perempuan di aksi ini agar mereka bisa meluapkan ekspresi sebagai kaum kartini, baik dengan membacakan puisi perjuangan maupun aksi simpatik lainnya,” ucap Ketua IMK wilayah Kuningan, Nur Syamsu didampingi kader perempuan IMK, Nisa Triyatul Fitri kepada kuningamass.com usai aksi simpatik tersebut.

Disebutkan, ada sebanyak 70 mahasiswa yang terjun langsung pada kegiatan yang dipusatkan di depan Pendopo Kuningan. Dengan mempergunakan alat peraga seperti spanduk dan banner, para mahasiswa menuangkan ekspresinya dalam bentuk tulisan yang bermuatan tentang kata-kata perjuangan kaum perempuan.

“Aksi pembacaan puisi dilakukan di lima titik dengan membawa spanduk yang bertuliskan perjuangan emansipasi perempuan. Aksi bertujuan untuk mengajak perempuan indonesia akan mengerti maknanya kebebasan  berkarya,” katanya.

Pihaknya menilai, kegiatan ini merupakan momentum yang sakral untuk meneladani nilai-nilai perjuangan kartini, yang seharusnya pada jaman sekarang diterapkan pada kehidupan nyata para kaum perempuan. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com