“Moal Nundutan Lamun Keur Numpakan Motor”

KUNINGAN (Mass)- Salah satu agenda dalam  Festival Desa Wisata Sakerta Timur Kecamatan Darma adalah digelarnya  Babarit Balap. Kegiatan ini  merupakan fun race yang digelar dalam rangkaian festival desa wisata.

Balap disini lebih pada persahabatan antar klub motor dan komedi berkendara pada sirkuit lumpur. Babarit Balap sendiri digelar di Serkuit Cidasa Darma Minggu (26/3/2017).

Balapan diawali dengan menyanyikan Indonesia. Kemudian  deklarasi menolak kekerasan dalam bermotor (begal) di wilayah hukum Kabupaten kuningan, dalam aksi solidaritas Kuningan Wani.

Sebelum race dimulai ada ikrar dari peserta diantaranya adalah “Moal nundutan lamun keur numpakan motor” (tidak akan mengantuk ketika mengendarai motor). Kemudian,  “Rek sumanget sanajan keur rarudet” (akan semangat meski lagi pusing)  dan  selanjutnya “Moal jajan mun keur balapan” (tidak akan jajan kalau lagi bapalab) serta lainnya.

Dari pantauan animo pengunjung dan peserta sangat bagus. Sekitar 300 sepeda motor berbagai merk ikut memadati lokasi acara.

Hal ini merupakan daya tarik wisata yg khas dan unique. Maka, “sport Tourism” yang digelar di desa Sakerta Timur ini akan dijadikan agenda tahunan oleh pemerintah desa Sakerta Timur.

Sementara itu, Piala Bupati babarit Balap diraih oleh Galih Pamungkas dari Big Brothers MC, hadir juga Paguyuban Ontel Kuningan, Black Hawk, Baztardoz MC, Street Demon, Bikers Brotherhood MC, Out Sider MC, Rider Inc, Glinding Kustom,  serta banyak lagi.

Penonton sendiri tampak terhibur dengan adanya balapan babarit. Apalagi momen seperti ini jarang ditemui terlebih ada kegiatan deklrasi.

“Pokoknya lucu dan senang. Mudah-mudahan ini menjadi daya tarik wisata, sehingga Sakerta Timur dikenal sebagai desa wisata di Kuningan,” ucap Rosi salah soerang pengunujung kepada kuninganmass.com. (agus)

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com