Harus Menunggu Satu Tahun Lagi

KUNINGAN (MASS)-  Setiap Peringatan HUT RI dan Harjadi Karang Taruna Panca Daya Manunggal Bhakti Kelurahan/Kecamatan Cigugur punya acara rutin. Selain lomba-lomba dalam bidang olah raga, juga ada yang unik selalu juga ditunggu-tunggu  oleh masyarakat setempat.

Acara itu adalah Ngagobyag Day. Kegiatan  yang bertempat di Situ Citamba Lingkungan Manis Kelurahan Cigugur itu digelar pada Minggu (2/9/2018)  jam 08.00 WIB.

Ngagobyag Day disambut antusias warga. Tua, muda, laki-laki perempuan  tumpelk ke situ  untuk menangkap ikan dengan berbagai alat maupun tangan kosong.

Menurut Ketua Karang Taruna PDMB Enda Suhendra SKM, selain ikan yang ditanami selama 1 tahun, juga ada beberapa sumbangan Bupati Acep Purnama sebanyak 2 kwintal dan partisipasi masyarakat.

“Ini acara rutin yang merupakan hiburan yang paling ditunggu-tunggu warga,” jelas Enda.

Warga sangat puas terlebih ikan yang berhasil ditangkap ukurannya cukup besar. Pada acara ini semua warga berbaur menjadi satu dan mereka sangat senang.

Pada kesempatan itu, Enda berharap agar pemerintah bisa memfasilitasi infrastruktur seperti akses jalan yang bisa masuk kendaraan roda 4 dan ada penerangan untuk mengontrol pada saat malam hari.

Selain  itu sarana MCK untuk tamu yang berkunjung menikmati keindahan alam di Situ Citamba yang asri. Dengan penataan sarana yang baik maka situ akan menjadi objek wisata murah meriah.

“Setelah beres acara ini maka warga harus menunggu satu tahun lalu. Maka, dari sekarang kita mulai menerbar lagi ikan. Agar ketika dipanen ikannya besar-besar,” ujarnya.

Terpisah, Lurah Cigugur Nono Darsono SE, mengatakan,  acara itu adalah ungkapan rasa syukur masyarakat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 dan Hari Jadi Kuningan Ke 520. Mudah-mudahan acara ini bisa menjadi ikon Pariwisata di Kuningan.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com