Forum Pembauran Kebangsaan Merambah Kecamatan

CIGUGUR (Mass) – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Kuningan kini sudah merambah ke tingkat kecamatan. Belum lama ini, pengurus FPK Kecamatan Cigugur dilantik. Ketua FPK Kuningan, Yunus Suparman SSos menghadirinya langsung.

Dalam sambutan Yunus mengatakan, Kecamatan Cigugur memiliki ciri khas keanekaragaman suku, agama, ras dan budaya serta etnis. Keanekaragaman itu merupakan kekuatan untuk menjalin persatuan dan kesatuan dalam upaya mempertahankan NKRI serta aset daerah yang sudah terbangun.

“Untuk menjaga keanekaragaman itu, perlu manajemen yang baik dari FPK serta dari semua lapisan masyarakat dan instansi terkait yang ada di lingkup Kecamatan Cigugur,” ucapnya.

Sebagai ketua FPK tingkat kabupaten, Yunus menyambut baik atas dilantiknya FPK Kecamatan Cigugur. Dia mengungkapkan, Cigugur merupakan yang pertama menyelenggarakan pelantikan.

“Dengan dilantiknya FPK Cigugur, telah memperkuat keberadaan FPK di Kabupaten Kuningan. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada pak camat yang telah memprakarsainya. Mudah-mudahan tidak lama lagi diikuti kecamatan lainnya,” harap Yunus.

Dia mengakui, belakangan ini berbagai konflik yang muncul baik vertikal maupun horizontal dengan berlatarbelakang sara dianggap akan memicu penurunan integritas daerah maupun nasional. Untuk itu perlu adanya komitmen dan upaya, salah satunya melalui pembentukan FPK yang didukung oleh masyarakat dan pemerintah dengan koordinasi antar aparat daerah dengan instansi terkait secara profesional.

“Alhamdulillah sampai saat ini Kuningan dalam keadaan kondusif. Untuk itu perlu kita jaga dan jalin keharmonisan demi keutuhan dan tegaknya NKRI,” tandasnya.

Sementara, rangkaian pelantikan diisi pula dengan pengarahan dan pembekalan materi. Kasatpol PP Indra Purwantoro misalnya, ia menjadi salah satu narasumber. Materinya yang dibawakan tentang tugas pokok dan fungsi Linmas.

Sedangkan dari Badan Kesbangpol dihadirkan narasumber Drs Sigit Pramono. Materinya Dinamika NKRI. Untuk pelantikan dilakukan oleh Camat Cigugur, Suryono SSn.

Acara diikuti oleh para tokoh Seni, Adat, Budaya dan etnis dan hadiri oleh Forum Pimpinan Kecamatan Cigugur. Sedangkan pengurus yang dilantik, ketua dijabat oleh Dodoy H Hadori SE, Sekretaris TH Victor Al Ponco serta 15 personil lainnya. (deden)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com