Desa Sagarahiang Menyimpan Situs Jaman Purba (2)

DARMA (MASS) – Jangan melupakan Sejarah (Jas Merah). Seruan yang sempat di  sampaikan oleh Presiden RI Ir. Soekarno. Hal ini perlu kiranya untuk diingat oleh kaum muda dalam mengetahui sejarah, baik itu tentang budaya, situs dan sejarah-sejarah di masa lampau.

“Diperkirakan 4000 tahun SM terdapat kehidupan di Lereng Gunung Ciremai yang sekarang disebut Situs Lingga, dan juga Punden Barundak,” ucap Relawan Pecinta Alam, Ukad atau biasa disapa Kang Tablo kepada kuninganmass.com, Kamis (8/2/2018).

Situs Lingga, kata Tablo merupakan bekas peninggalan sejarah dari Raden Purbalingga atau Pangeran Rea Carita. Konon, pada zaman itu di situs Lingga ini dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para Raja atau leluhur untuk menghitung bulan maupun tahun.

Waktu terus berjalan, sampai diperkirakan 2000 tahun SM kehidupan turun kebawah yang sekarang ini sebut Situs Sanghyang. Dengan bukti peninggalan sejarah purbakala dan pecahan artepak gerabah perabot rumah tangga di lokasi yang saat ini disebut Jugul.

“Kehidupan terus berjalan sampai berdirinya kerajaan Arile atau Saung Galah yang diperkirakan berdiri pada tahun 700 atau 500 tahun SM,” ungkapnya.

Hal ini, menurutnya hasil penelitian terakhir dan perkiraan ini masih belum pasti, sebab belum ada lagi penelitian lebih lanjut yang dilakukan oleh ahli arkeologi. Ia berharap, dengan adanya situs ini bisa diketahui oleh banyak orang. Baik untuk menambah wawasan pengetahuan, maupun yang lainnya. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com