Dandim Komitmen Wujudkan Swasembada Pangan

KUNINGAN (Mass) – Selain menjaga pertahanan dan keamanan wilayah, Kodim 0615 Kuningan bertekad ikut membantu suksesi swasembada pangan bagi masyarakat Kota Kuda. Salah satunya yakni dengan bekerjasama Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan, Kodim 0615 menggelar tanam padi serentak di lahan seluas 3 Ha Blok Balong Desa Ciporang Maleber Kuningan, Jumat (1/6).

Kegiatan tanam padi dalam rangka percepatan tanam dihadiri langsung Dandim 0615 Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat SIP, Kadistanakan Kuningan, Ir Hj Tri Triastami, Kepala BKP3 Kuningan, Drs H Sadudin MSi serta perangkat desa dan anggota kelompok Tani Harapan Mulya. “Jalin komunikasi yang baik antara Babinsa, PPL dan petani sebagai ujung tombak di lapangan, untuk mendukung program pemerintah yakni Swasembada dan Ketahanan Pangan sesuai MoU antara Kementerian Pertanian dengan Panglima TNI,” kata Dandim 0615 Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat SIP usai kegiatan tanam padi.

Menurutnya, kegiatan tanam serempak dalam rangka percepatan tanam untuk memotivasi para kelompok tani yang ada di desa, agar dapat meningkatkan hasil pertanian, khususnya padi sebagai bahan makanan pokok sehari-hari.

“Pupuk terus dan ajarkan ke generasi penerus, bahwa profesi petani adalah profesi yang menjanjikan,” katanya.

Apalagi lanjut Dandim, dengan adanya alat pertanian yang lebih modern, juga membutuhkan tenaga SDM yang terampil agar dapat mengoperasikan alat pertanian saat ini.

”Kami pastikan TNI bersama pemerintah akan menjadi pion pertanian di Kuningan. Mereka akan mengawal suksesnya swasembada pangan Kuningan,” tegasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com