Bentuk Perhahatian UIN untuk Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Perhatian Keluarga Mahasiswa Kuningan yang berada di Universitas Islam Negari Sunan Gunungjati Bandung terhadap pelestarian kebudayaan Kuningan sangat tinggi.Ini dibuktikan dengan menggelar Festival dan Lomba Slalom Delman.

Acara ini digelar di Lapangan Pandapa Parmaratha pada Sabtu (3/2/2018). Even ini hasil kerjasama dengan para kusir delman yang ada di Kabupaten Kuningan.

Semenatra itu, sejak pagi hari puluhan delman dengan hiasan khas sudah berjajar di sebelah utara lapangan Pandapa. Bahkan, di antara mereka membawa serta keluarganya, untuk sekedar hiburan dan refreshing.

Saat pembukaan acara Festival Delman, Ketua Umum KMK Universitas Islam SGD Bandung, Aris Heryana menjelaskan bahwa kegiatan tersebut timbul dari niatan untuk melestarikan budaya leluhur Kuningan. Pasalnya, kalau tidak digelar anak cucu tidak akan mengenal bahwa kuda itu merupakan lambang daerah Kuningan.

“Delman yang diangkut kuda sudah dikenal sebagai maskot Kabupaten Kuningan di berbagai daerah. Adanya ungkapan Kecil-kecil kuda kuningan, menunjukkan bahwa kuda di Kuningan memang sudah ada sejarahnya dan menjadi ikon Kuningan, ini perlu dilestarikan,” ungkapnya.

Dengan adanya festival delman, para kusir pun seolah diberikan ruang untuk berkreasi. Mereka butuh ruang untuk mengekpresikan, sehinga KMK menggelar acara ini.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, mengaku sangat mengapresiasi festival yang dilaksanakan para mahasiswa tersebut. Ini bukti bahwa mahasiswa cinta kepada tanah kelahiran, serta mencintai seni kebudayaan.

“Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah peduli pada pelestarian budaya, khususnya delman di Kuningan. Festival ini semoga bisa mewarnai khasanah pariwisata di Kuningan,” sebut Acep.

Pihaknya juga memaknai istilah “Kecil-kecil Kuda Kuningan” sebagai pertanda bahwa warga Kuningan dimanapun berada, ternyata bisa membawa nama harum daerah dengan kemampuan, ilmu pengetahuan dan berbagai inovasi mereka.

Sementara itu, kegiatan festival tersebut dibuka bupati dengan pelepasan iring-iringan delman yang memutar di ruas Jalan Siliwangi menuju Jalan Aruji Kartawinata dan Finish kembali di belakang Stadion Mashud Wisnusaputra.

Lebih meriah, tatkala puluhan delman tersebut melakukan slalom di area yang telah dipersiapkan oleh panitia. Nampak, para kusir delman yang tergabung dalam Persatuan Delman (Perdokar) Kuningan, mempertunjukkan kepiawaian mereka dalam mengendalikan kuda di sirkuit slalom yang lumayan menantang.

Selain Bupati, kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Pembina KMK Kamuning, DR H Uu Nurul Huda, Ketua Umum HMKI Fahmi Alamsyah, Pengurus Barakuda, KMK Bandung Raya dan Anggota Perdokar se-Kuningan.

Penonton yang hadir pun tampak terhibur dengan pertunjukan ini. Mereka acara ini menjadi agenda rutin yang bisa menarik wisatawan dari daerah lain datang ke Kuningan.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com