Beginilah Perayaan Imlek di Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Seperti di daerah lain, di Kabupaten Kuningan juga digelar perayaan Tahun Baru Imlek. Perayan yang dilakukan warga keturunan Tionghoa itu digelar Kamis malam (15/2/2018)  hingga Jumat dini hari di  Klenteng Kun An Tong Jalan Siliwangi.

Ratusan warga Tionghoa terutama yang bergama Konghucu maupun Budha khidmat melakukan sembahyang. Pada tahun ini merupakan tahun baru Imlek 2569 dengan shio Anjing Tanah.

Para jemaah dengan khusus mengukuti doa-doa yang dilantunkan oleh sang pemimpin. Inti dari doa yang diminta adalah agar pada tahun  diberi keberkahan  dalam sagala hal.

Selama melaksanakan sembahyang mereka merasa aman dan nyaman, karena lokasi dijaga oleh petugas kemaaan yang merupakan hasil gabungan dari Polres, Kodim dan Satpol PP Kuningan serta dibantu Dishub Kuningan.

Sementara itu, sebelumnya  seperti tahu sebelumnya warga Tionghoa yang ada di Kuningan melakukan bhakti sosial berupa pemberian paket sembako kepada warga  baik yang berada di berbagai kecamatan maupun yang berada di lingkungan klenteng.

Di klenteng sendiri dilakukan pemandian terhadap patung-patung berikut pergantian baju. Selain itu juga pembersihkan wadah abu yang biasa digunakan untuk berdoa.

Sementara itu meski acara puncak dilakukan pada  Jumat dini hari  namun jemaat yang datang Jumat agi hingga siang  masih banyak.

Mereka memanjatkan doa-doa agar tahun baru segalanya lancar. Dan tentu memberikan rejeki yang berlimpah.(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com