Awalnya Permainan Anak-anak, Arung Surakatiga Jadi Hiburan Murah Meriah

KUNINGAN (MASS) – Minggu (24/9/2017) pagi ada kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh ribuan warga Kuningan. Kegiatan itu adalah Arung Surakatiga.

Kegiatan ini merupakan olah raga air tradisional warga Kuningan khususnya warga kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan. Dengan menggunakan ban bekas menyerupai perahu karet peserta mengarungi sungai sepanjang kurang lebih 5 KM.

Awalnya peserta diharuskan berkumpul di lapangan sepak bola Kelurahan Winduhaji sambil membawa ban karet masing-masing. Sekitar pukul 08.00 WIB diangkut menggunakan truk menuju pintu air Saluran Surakatiga di Kelurahan Citangtu.

Dalam kegiatan ini para peserta tidak harus mengadu kecepatan agar juara. Mereka hanya beramai-ramai mengarungi arus sungai yang tidak terlalu deras dan mereka ketika tiba di garis finis akan diberikan doorprize.

Dari pantauan ketika dilepas dari star para peserta pun langsung menceburkan diri ke sungai yang dalamnya hanya 1 meter. Sendau gurau pun terlihat dari para peserta. Mereka tampak senang dengan kegiatan ini.

Bagi peserta arung Surakatiga merupkan hiburan murah meriah, sehingga setiap tahun selalu dinati dan jumlah perserta terus membludak.

Tidak banyak yang tahu kegiatan yang sudah masuk ke 22 kali ini awalnya hanyalah permainan anak-anak warga sekitar saluran irigasi Surakatiga. Saat itu menjelang sore hari atau ketika libur panjang tiba mereka bermain dengan menggunakan ban bekas.

Ternyata oleh para pemuda yag tergabung pada Himpunan Olah Raga Simpang Empat (Hols) Kelurahan Winduhaji menjadikan acara rutin dalam ulang tahun. Responnya sangat luar biasa sehingga selalu rutin digelar.

“Semoga kegiatan ini semakin semarak setiap tahun dan menjadi ikon baru Kuningan,” ucap Ketua Pantia Fikri Habibi kepada wartawan.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengaku, dengan meriahnya kegiatan ini maka akan dimasukan kepada dalam rangkaian Hari Jadi Kuningan. Dengan diambil alih oleh PHBM maka acara akan lebih semarak dan menjadi daya tarik wisata.

“Salut kepada panitia yang membuat acara ini lebih semarak dari tahun ke tahun,” ucap Acep. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com