2 Kwintal Ikan ‘Dibuang’ ke Sungai

KUNINGAN (MASS)-  Lebaran tahun ini warga Dusun Sukasari Desa Cijemit Kecamatan Ciniru mendapatkan hiburan gratis. Hiburan gratis itu menangkap ikan disungai.

Ada salah satu warga yang menyediakan 2 kwintal ikan mas. Lalu ikan itu di tebar di sungai Cipendak. Setelah itu warga bebas menangkap ikan tersebut.

Kontan saja tanpa dikomado lima ratus warga langsung terjun ke sungai.  Pemilik hajat yang bernama Angkadi memberikan  syarat kepada warga harus menangkap ikan itu dengan tangan kosong.

Pemandangan seru terlihat ketika warga ramai-ramai melakukan ngobeng  ikan. Tua, muda dan anak-anak bersatu disungai. Ternyata tidak mudah menangkap ikan tersebut.

Untuk menangkap ikan sebanyak itu warga membutahkan waktu sekitar 1 jam lebih. Pemandangan ini menjadi hiburan murah meriah di tengah suasan lebaran.

Untuk di Dusun Sukasai kegiatan ini merupakan kali pertama digelar. Acara ini dihelat sebagai bentuk syukran telah disunatnya anak Angkadi bernama Surya.

“Saya memilih acara ini  agar warga bisa hiburan. Selain itu juga lebih bermanfaat karena ikan bisa dimasak di rumah,” ujar Angkadi kepada kuninganmass.com, Kamis (21/6/2018.

Ia mengaku, dari ikan yang ditebar sebanyak 2 kwintal itu sengaja ukurannya sedang, dimana satu kilo lima ekor ikan. Dengan begitu ikan tidak mudah ditangkap. Ikan juga banyak yang bersemunyi di bebatuan.

Pihaknya sendiri menebar ikan beberapa jam sebelum kegiatan ini digelar. Hal ini agar lebih seru dan ikan tidak mudah ditangkap. Ikan bisa dibeli di pasar. Tapi suasana ngobeng di sungai tidak selalu digelar, sehingga menjadi hiburan.

Sementara itu, warga yang berhasil menangkap ikan mengaku, sangat senang dengan kegiatan ini. Hiburan sambil silaturahmi. Momen langka ini membuat ratusan warga kampung terjun ke sungai untuk mencari ikan. Sebelumnya, warga membendung aliran sungai.

“Saya dapat 9 ekor. Kalau yang  pintar mah dapat 40 ekor. Kapan lagi bisa berkumpul dengan perantau kalau tidak lebaran,” ujar Kastam.

Ia berharap tahun depan ada yang melakukan hal ini lagi, sehingga suasana lebaran lebih seru. Bagi warga hiburan murah meriah kegiatan ngobeng seperti ini. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com