Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Qurban dan Kesalehan Sosial

KUNINGAN (MASS) – Qurban adalah memotong hewan pada Hari Raya Idul Adha tanggal 10 di bulan Dzulhijjah atau hari tasyriq (tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).

Berqurban merupakan ibadah yang memiliki penghargaan dan pahala yang besar dari Allah SWT., karena berqurban merupakan bukti seorang muslim dalam pengabdiannya, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena demikian tinggi nilai ibadahnya bagi orang yang beriman, maka disunahkan untuk berqurban. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. sebagai berikut:
Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah —sebagai qurban— di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi).

Dalam satu hadis, riwayat Aisyah RA. Nabi Muhammad SAW. bersabda: “Hai Aisyah, berikanlah qurbanmu dan saksikanlah qurban itu. Karena sesungguhnya bagimu dengan tetesan pertama yang menetes dari darah qurbanmu di atas tanah, Allah akan mengampunimu dosa-dosa yang telah lalu”. Aisyah bertanya: “Ya Rasulullah, apakah untuk kita khususnya atau untuk orang-orang mukmin secara umum?” Nabi menjawab: “Bahkan untuk kita dan untuk orang-orang mukmin secara umum”.

Dari Sayyidina Ali RA. berkata: “Barangsiapa yang keluar rumahnya untuk membeli binatang qurban, maka setiap langkahnya dicatatkan sepuluh kebaikan, dihapus dari dirinya sepuluh macam dosa dan diangkat derajatnya sampai sepuluh tingkat. Apabila ia berbicara untuk membelinya, maka pembicaraannya itu sama dengan membaca tasbih. Apabila ia membayar kontan uang binatang qurban itu, maka baginya dengan setiap dirham diganti tujuh ratus kebaikan. Apabila ia menjatuhkan binatang qurban itu ke tanah hendak disembelihnya, maka setiap makhluk mulai dari tempat binatang itu sampai bumi ke tujuh akan memohonkan ampun untuknya. Apabila ia telah menumpahkan darah binatang qurban, maka Allah menciptakan dengan setiap tetes darahnya, sepuluh Malaikat yang memohonkan ampun untuknya sampai hari kiamat. Dan apabila ia membagi-bagikan dagingnya, maka baginya dengan setiap suap, seperti memerdekakan budak dari anak cucu Nabi Ismail AS”.

Dalam hadits riwayat Thabrani disebutkan:

Advertisement. Scroll to continue reading.

Barangsiapa yang melakukan penyembelihan qurban untuk kesucian jiwanya dan semata-mata mengharapkan ridho Allah dengan qurban itu, maka qurbannya itu akan menjadi perisai baginya dari api neraka”.

Dari beberapa riwayat tersebut kiranya dapat dipetik simpulan, bahwa ibadah qurban memiliki banyak keutamaan dan sangat dianjurkan bagi seseorang yang mampu dan memiliki kelebihan rizki untuk melaksanakannya.

Ibadah Qurban Membentuk Kesalehan Umat


Tanggal 10 Dzulhijjah disebut pula hari raya qurban, karena setelah shalat Idul Adha dan 3 hari berikutnya (yaum al-tasyriq), Allah SWT. memerintahkan kepada umat Islam yang mampu untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan menyembelih hewan qurban.

Penyembelihan hewan qurban, di samping sebagai suatu bentuk ibadah (taabud ila Allah), dapat pula dilihat secara simbolik. Artinya, bahwa qurban dapat dimaknai sebagai bentuk penyembelihan (pengendalian/pengekangan) hawa nafsu hewaniyah dan nafsu egosentris yang menjadikan manusia serakah, tidak mengenal norma agama, moral dan hukum serta nafsu yang selalu mendorong ke arah kehancuran dan kebinasaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berbicara tentang nafsu sebagai daya nafsani pada dasarnya memiliki banyak pengertian. Pengertian Pertama, nafsu dimaknai sebagai nyawa manusia yang wujudnya berupa angin yang keluar masuk dari dalam tubuh manusia melalui mulut dan kerongkongan. Kedua, nafsu diartikan sebagai gabungan psikofisik manusia dan merupakan struktur kepribadian manusia. Ketiga, nafsu diartikan sebagai daya-daya nafsani yang memiliki dua kekuatan, yaitu kekuatan al-ghadhab dan al-syahwat (Mujib, 1999: 70).

Dari tiga pengertian tersebut, maka pengertian terakhirlah (ketiga) yang dimaksud. Ghadzab adalah suatu daya yang berpotensi untuk menghindarkan diri dari segala yang membahayakan. Ghadhab dalam terminologi psikoanalisa disebut dengan defense (pertahanan, pembelaan, dan penjagaan), yaitu tingkah laku yang berusaha membela atau melindungi terhadap kesalahan, kecemasan, dan rasa malu, perbuatan untuk melindungi diri sendiri, serta memanfaatkan dan merasionalisasikan perbuatan sendiri.

Berbeda dengan ghadhab, syahwat adalah suatu daya yang berpotensi untuk menginduksi dari segala yang menyenangkan. Syahwat dalam terminologi psikologi disebut dengan appetite, yaitu hasrat (keinginan, birahi, hawa nafsu), motif atau impuls berdasarkan perubahan keadaan fisiologis (lihat, Mujib dan Mudzakir, 1991: 56).

Prinsip kerja nafsu mengikuti prinsip kenikmatan (pleasure principle) dan berusaha mengumbar impuls-impuls agresif dan seksualitas. Apabila impuls-impuls ini tidak terpenuhi, maka terjadi ketegangan diri. Prinsip kerja nafsu ini memiliki kesamaan dengan prinsip kerja binatang, baik binatang buas (al-subuiyat) maupun binatang jinak (al-bahimiyyat). Binatang buas memiliki impuls seksual. Oleh karena prinsip inilah, maka nafsu ini disebut juga fitrah hayawaniyah (Mujib dan Mudzakir, 1991: 56).

Dalam terminologi psikologi, nafsu lebih dikenal dengan sebutan konasi (daya karsa). Konasi (kemauan) adalah bereaksi, berbuat, berusaha, berkeinginan, dan berkehendak. Aspek konasi kepribadian ditandai dengan tingkah laku yang bertujuan dan impuls untuk berbuat (Chaplin, 1989: 101). Nafsu menunjukkan struktur di bawah sadar dari kepribadian manusia. Apalagi manusia mampu bereksistensi, baik di dunia dan di akhirat. Manusia model ini memiliki kedudukan yang sama dengan binatang bahkan lebih hina. Sebagaimana Firman Allah SWT.dalam surah al-Araf ayat 179 sebagai berikut Artinya: “Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai (QS. Al-Araf: 179)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hal ini dikarenakan nafsu selalu memikirkan dan mencari kelezatan dunia sesaat dan menutup pandangan hidup yang lebih jauh, yaitu kehidupan akhirat yang abadi. Sementara itu, dalam surah al-Shaffat ayat 100-107, Allah menggambarkan bagaimana beratnya Nabi Ibrahim AS dan istrinya, yang harus kehilangan anak tercinta mereka yang telah lama diidamkan, bagaimana pula sang anak Ismail AS yang merelakan jiwa raganya dikorbankan, demi melaksanakan perintah Allah SWT.

Selain sebagai bentuk pengekangan hawa nafsu dan pengendalian diri, nilai lain dari ibadah qurban memuat nilai-nilai praktis kemasyarakatan dan kesosialan. Dalam pengertiannya yang lebih luas ibadah qurban merupakan aktualisasi dan realisasi ajaran keadilan sosial di dalam Islam.

Dalam berqurban membutuhkan kesiapan mental dan materi. Oleh karena itu, seorang muslim yang mampu secara materi diperintahkan oleh Allah SWT. untuk mengorbankan sebagian dari hartanya untuk membantu orang-orang yang tidak mampu, yang memerlukan uluran tangan dari orang-orang yang diberi rizki dari Allah SWT.

Di sinilah, mentalitas seorang hamba berupa kesediaan dan kerelaan berkorban ini diharapakan bukan hanya pada momen hari raya qurban, tetapi membekas untuk setiap saat dan kesempatan. Apalagi di negara dan bangsa kita saat ini, di mana-mana terdapat banyak kantong-kantong masyarakat miskin, sering terjadi berbagai macam musibah yang menuntut kesiapan dan kesediaan berkorban yang lebih besar lagi bagi setiap warga negara untuk membantu mereka yang kurang beruntung dan menderita karena tertimpa musibah.

Semoga dengan momen hari raya qurban ini, selain bertujuan untuk beribadah kepada Allah SWT, juga sebagai sarana bagi kita untuk saling membantu kepada sesama dan menyambung tali silaturrahim kepada seluruh umat Islam di sekitar lingkungan kita. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada kita semua agar mampu istiqomah dalam menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

KUNINGAN (MASS) – Qurban adalah memotong hewan pada Hari Raya Idul Adha tanggal 10 di bulan Dzulhijjah atau hari tasyriq (tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).

Berqurban merupakan ibadah yang memiliki penghargaan dan pahala yang besar dari Allah SWT., karena berqurban merupakan bukti seorang muslim dalam pengabdiannya, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena demikian tinggi nilai ibadahnya bagi orang yang beriman, maka disunahkan untuk berqurban. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. sebagai berikut:
Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah —sebagai qurban— di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi).

Dalam satu hadis, riwayat Aisyah RA. Nabi Muhammad SAW. bersabda: “Hai Aisyah, berikanlah qurbanmu dan saksikanlah qurban itu. Karena sesungguhnya bagimu dengan tetesan pertama yang menetes dari darah qurbanmu di atas tanah, Allah akan mengampunimu dosa-dosa yang telah lalu”. Aisyah bertanya: “Ya Rasulullah, apakah untuk kita khususnya atau untuk orang-orang mukmin secara umum?” Nabi menjawab: “Bahkan untuk kita dan untuk orang-orang mukmin secara umum”.

Dari Sayyidina Ali RA. berkata: “Barangsiapa yang keluar rumahnya untuk membeli binatang qurban, maka setiap langkahnya dicatatkan sepuluh kebaikan, dihapus dari dirinya sepuluh macam dosa dan diangkat derajatnya sampai sepuluh tingkat. Apabila ia berbicara untuk membelinya, maka pembicaraannya itu sama dengan membaca tasbih. Apabila ia membayar kontan uang binatang qurban itu, maka baginya dengan setiap dirham diganti tujuh ratus kebaikan. Apabila ia menjatuhkan binatang qurban itu ke tanah hendak disembelihnya, maka setiap makhluk mulai dari tempat binatang itu sampai bumi ke tujuh akan memohonkan ampun untuknya. Apabila ia telah menumpahkan darah binatang qurban, maka Allah menciptakan dengan setiap tetes darahnya, sepuluh Malaikat yang memohonkan ampun untuknya sampai hari kiamat. Dan apabila ia membagi-bagikan dagingnya, maka baginya dengan setiap suap, seperti memerdekakan budak dari anak cucu Nabi Ismail AS”.

Dalam hadits riwayat Thabrani disebutkan:

Advertisement. Scroll to continue reading.

Barangsiapa yang melakukan penyembelihan qurban untuk kesucian jiwanya dan semata-mata mengharapkan ridho Allah dengan qurban itu, maka qurbannya itu akan menjadi perisai baginya dari api neraka”.

Dari beberapa riwayat tersebut kiranya dapat dipetik simpulan, bahwa ibadah qurban memiliki banyak keutamaan dan sangat dianjurkan bagi seseorang yang mampu dan memiliki kelebihan rizki untuk melaksanakannya.

Ibadah Qurban Membentuk Kesalehan Umat

Tanggal 10 Dzulhijjah disebut pula hari raya qurban, karena setelah shalat Idul Adha dan 3 hari berikutnya (yaum al-tasyriq), Allah SWT. memerintahkan kepada umat Islam yang mampu untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan menyembelih hewan qurban.

Penyembelihan hewan qurban, di samping sebagai suatu bentuk ibadah (taabud ila Allah), dapat pula dilihat secara simbolik. Artinya, bahwa qurban dapat dimaknai sebagai bentuk penyembelihan (pengendalian/pengekangan) hawa nafsu hewaniyah dan nafsu egosentris yang menjadikan manusia serakah, tidak mengenal norma agama, moral dan hukum serta nafsu yang selalu mendorong ke arah kehancuran dan kebinasaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berbicara tentang nafsu sebagai daya nafsani pada dasarnya memiliki banyak pengertian. Pengertian Pertama, nafsu dimaknai sebagai nyawa manusia yang wujudnya berupa angin yang keluar masuk dari dalam tubuh manusia melalui mulut dan kerongkongan. Kedua, nafsu diartikan sebagai gabungan psikofisik manusia dan merupakan struktur kepribadian manusia. Ketiga, nafsu diartikan sebagai daya-daya nafsani yang memiliki dua kekuatan, yaitu kekuatan al-ghadhab dan al-syahwat (Mujib, 1999: 70).

Dari tiga pengertian tersebut, maka pengertian terakhirlah (ketiga) yang dimaksud. Ghadzab adalah suatu daya yang berpotensi untuk menghindarkan diri dari segala yang membahayakan. Ghadhab dalam terminologi psikoanalisa disebut dengan defense (pertahanan, pembelaan, dan penjagaan), yaitu tingkah laku yang berusaha membela atau melindungi terhadap kesalahan, kecemasan, dan rasa malu, perbuatan untuk melindungi diri sendiri, serta memanfaatkan dan merasionalisasikan perbuatan sendiri.

Berbeda dengan ghadhab, syahwat adalah suatu daya yang berpotensi untuk menginduksi dari segala yang menyenangkan. Syahwat dalam terminologi psikologi disebut dengan appetite, yaitu hasrat (keinginan, birahi, hawa nafsu), motif atau impuls berdasarkan perubahan keadaan fisiologis (lihat, Mujib dan Mudzakir, 1991: 56).

Prinsip kerja nafsu mengikuti prinsip kenikmatan (pleasure principle) dan berusaha mengumbar impuls-impuls agresif dan seksualitas. Apabila impuls-impuls ini tidak terpenuhi, maka terjadi ketegangan diri. Prinsip kerja nafsu ini memiliki kesamaan dengan prinsip kerja binatang, baik binatang buas (al-subuiyat) maupun binatang jinak (al-bahimiyyat). Binatang buas memiliki impuls seksual. Oleh karena prinsip inilah, maka nafsu ini disebut juga fitrah hayawaniyah (Mujib dan Mudzakir, 1991: 56).

Dalam terminologi psikologi, nafsu lebih dikenal dengan sebutan konasi (daya karsa). Konasi (kemauan) adalah bereaksi, berbuat, berusaha, berkeinginan, dan berkehendak. Aspek konasi kepribadian ditandai dengan tingkah laku yang bertujuan dan impuls untuk berbuat (Chaplin, 1989: 101). Nafsu menunjukkan struktur di bawah sadar dari kepribadian manusia. Apalagi manusia mampu bereksistensi, baik di dunia dan di akhirat. Manusia model ini memiliki kedudukan yang sama dengan binatang bahkan lebih hina. Sebagaimana Firman Allah SWT.dalam surah al-Araf ayat 179 sebagai berikut Artinya: “Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai (QS. Al-Araf: 179)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hal ini dikarenakan nafsu selalu memikirkan dan mencari kelezatan dunia sesaat dan menutup pandangan hidup yang lebih jauh, yaitu kehidupan akhirat yang abadi. Sementara itu, dalam surah al-Shaffat ayat 100-107, Allah menggambarkan bagaimana beratnya Nabi Ibrahim AS dan istrinya, yang harus kehilangan anak tercinta mereka yang telah lama diidamkan, bagaimana pula sang anak Ismail AS yang merelakan jiwa raganya dikorbankan, demi melaksanakan perintah Allah SWT.

Selain sebagai bentuk pengekangan hawa nafsu dan pengendalian diri, nilai lain dari ibadah qurban memuat nilai-nilai praktis kemasyarakatan dan kesosialan. Dalam pengertiannya yang lebih luas ibadah qurban merupakan aktualisasi dan realisasi ajaran keadilan sosial di dalam Islam.

Dalam berqurban membutuhkan kesiapan mental dan materi. Oleh karena itu, seorang muslim yang mampu secara materi diperintahkan oleh Allah SWT. untuk mengorbankan sebagian dari hartanya untuk membantu orang-orang yang tidak mampu, yang memerlukan uluran tangan dari orang-orang yang diberi rizki dari Allah SWT.

Di sinilah, mentalitas seorang hamba berupa kesediaan dan kerelaan berkorban ini diharapakan bukan hanya pada momen hari raya qurban, tetapi membekas untuk setiap saat dan kesempatan. Apalagi di negara dan bangsa kita saat ini, di mana-mana terdapat banyak kantong-kantong masyarakat miskin, sering terjadi berbagai macam musibah yang menuntut kesiapan dan kesediaan berkorban yang lebih besar lagi bagi setiap warga negara untuk membantu mereka yang kurang beruntung dan menderita karena tertimpa musibah.

Semoga dengan momen hari raya qurban ini, selain bertujuan untuk beribadah kepada Allah SWT, juga sebagai sarana bagi kita untuk saling membantu kepada sesama dan menyambung tali silaturrahim kepada seluruh umat Islam di sekitar lingkungan kita. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada kita semua agar mampu istiqomah dalam menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Penulis : Asep Kamaludien, S.IP (Kasi Kesra Kelurahan Kuningan)

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Village

KUNINGAN (MASS) – Sejak awal tahun 2025,dari catatan Kuninganmass.com, sudah ada lima kali aksi dilakukan warga terhadap pemerintah desa di Kabupaten Kuningan terkait transparansi...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Seorang warga Kelurahan Cirendang, Kecamatan Kuningan meninggal dunia tertimbun tanah saat tengah membuat septic tank, pada Jumat (21/2/2025) sekitar pukul 09.00...

Incident

KUNINGAN (MASS) – UPT Damkar Satpol PP baru saja melakukan evakuasi ular Sanca Kembang atau Sanca Batik, panjang sekitar 4 meter di kandang ayam...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Judi online telah menjadi fenomena global yang signifikan memengaruhi berbagai aspek kehidupan, terutama dalam konteks ekonomi dan sosial. Di Indonesia, fenomena...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pasca Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, Msi dan Tuti Andriani, SH., Mkn dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kuningan periode 2025-2030...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Innalillahi wa innailaihi rojiun. Kabar mengejutkan datang dari Kelurahan Cirendang Kecamatan Kuningan. Dimana, seorang warga atas nama Ano (48), meninggal dunia...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dian Rachmat Yanuar dan Tuti Andriani resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kuningan di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (20/2/2025)....

Government

KUNINGAN (MASS) – Dr H Dian Rachmat Yanuar M Si dan Tuti Andriani SH MKn, telah dilantik sebagai pemimpin baru Kabupaten Kuningan Pada Kamis...

Education

KUNINGAN (MASS) – Pentas Kreasi Anak Soleh Darul Amanah, “Persada Jilid 2″ yang diselenggarakan oleh Yayasan Darul Amanah berlangsung meriah dan penuh antusias, Sabtu...

Government

KUNINGAN (MASS) – Ubur-ubur Ikan Lele, Kuningan Melesat Lee. Pantun itulah yang diucapkan Bupati Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar M Si, saat memberikan...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Sri Hayati (38), warga Paumahan, RT 8 RW 4, Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, yang sempat dikabarkan hilang, akhirnya ditemukan...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Menjelang bulan Ramadhan kurang dari 2 pekan ini, harga beberapa komoditas pangan di pasaran terpantau mulai naik, Kamis (20/2/2025). Harga cabe...

Politics

JAKARTA (MASS) – Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) akan mengambil tindakan tegas terhadap kasus dugaan perselingkuhan yang menyeret salah satu anggota...

Government

KUNINGAN (MASS) – Warga Kabupaten Kuningan, baik dari unsur masyarakat umum, aparatur, partai hingga relawan nampak menyesakki Lapangan Pandapa Paramartha Kuningan, Kamis (20/2/2025) sore...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pelantikan serentak kepala daerah yang akan digelar di Istana Negara pada 20 Februari 2025 akan melantik 481 kepala daerah dari total...

Government

KUNINGAN (MASS) – Menjelang pelantikan pada 20 Februari 2025, Bupati Kuningan terpilih, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, bertemu dengan Menteri Koperasi RI, Budi Arie...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Himpunan Mahasiswa Kuningan Indonesia (HMKI) saat ini menghadapi kondisi yang lagi-lagi memprihatinkan. Organisasi yang seharusnya menjadi wadah aspirasi dan penggerak mahasiswa...

Government

KUNINGAN (MASS) – Bersama Dr Dian Rachmat Yanuar M Si, Tuti Andriani SH MKn akan dilantik sebagai Wakil Bupati Kuningan Kamis (20/2/2025) besok. Pelantikan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dr H Dian Rachmat Yanuar M Si, bakal dilantik jadi Bupati Kuningan pada Kamis (20/2/2025) besok di Istana Kepresidenan Jakarta. Bersama...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Pasca Deni Hamdani dan Dading Fajrudin hengkang dari jabatan di Pesik Kuningan dengan alasan yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai pegawai negri,...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Penyuluh pertanian terus didorong untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan pertanian modern. Dengan begitu, akan...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Pemerintah Desa Cengal, Camat Japara bersama aparat keamanan terus melakukan upaya penanganan terhadap gangguan anjing liar atau Ajag (sebutan masyarakat setempat)...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kasus curanmor kembali terjadi di Kabupaten Kuningan. Kali ini, kejadian menimpa Acim Warsim, yang lebih dikenal dengan nama Anscell, warga Dusun...

Government

KUNINGAN (MASS) – Terpilih sebagai Bupati Kuningan bersama Tuti Andriani SH MKn pada Pilkada serentak 2024 kemarin, Dr H Dian Rachmat Yanuar M Si...

Government

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 171 ASN dari berbagai perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan menerima SK Pensiun yang secara simbolis, Selasa (18/2/2025) pagi ini....

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Negara Indonesia adalah negara hukum, sehingga konsekwensi tinggal di negara hukum, semua warga negara haruslah taat dan patuh terhadap ketentuan hukum...

Advertisement
Exit mobile version