Yosa Ngagebah Monyet jeung Lutung

NUSAHERANG (MASS) – Cawabup Sentosa, Yosa Octora Santono MM ngagebah monyet jeng lutung. Namun ngagebah disini sekadar simbolisasi dalam melestarikan Tradisi Sunda di Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang.

Yosa sebagai cawabup paslon nomor urut 1 tampil dalam pagelaran tradisi tersebut. Ia memandang penting pelestarian tradisi karena itu merupakan akar budaya bangsa.

“Tradisi dan budaya sulit dipisahkan. Tak ada bangsa ini kalau tidak ada tradisi dan budaya. Maka dari itu pelestarian tradisi dan budaya itu sangat penting. Jangan kita biarkan punah,” ujar Yosa di sela kegiatan, Minggu (8/4/2018).

Pantauan kuninganmass.com Yosa terlihat menyalakan kembang api pada pagelaran tradisi itu. Maksudnya, agar mirip suara bising seperti tembakan para pemburu guna menakuti hewan pengganggu petani.

Di desa kelahirannya itu, tampak pula ayahnya H Amin Santono turut menghadiri acara. Suasana kekerabatan bersama masyarakat desa pun terlihat lebih khidmat.

“Ya semoga saja dengan adanya tradisi seperti ini hewan apa saja yang sering merusak tanaman masyarakat dapat terusir dan tak kunjung mengganggu lagi,” harap Yosa. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com