Untuk DPR RI, Elektabilitas Demokrat Paling Atas

KUNINGAN (MASS) – Untuk DPR RI, calon dari Partai Demokrat berhasil menduduki posisi paling atas. Disusul PPP diurutan kedua, baru kemudian PDIP menempati peringkat ketiga. Grafis ini berdasarkan hasil survey Jamparing Research (JR) yang dilakukan sejak 1 sampai 10 Maret.

“Demokrat paling tinggi sebesar 14,6 %. Lalu PPP 10,4 %. PDIP 8,3 %. Berikutnya PKS 7,7 % kemudian Nasdem 6,1 %. Urutan selanjutnya PKB, Gerindra, Golkar, PAN, Hanura, PBB, Berkarya, PSI, Garuda, Perindo, dan PKP,” sebut Reza Muhamad Zaenal.

Setelah dipetakan, Demokrat unggul di 11 kecamatan. Mulai Cibingbin, Luragung, Ciwaru, Ciawigebang, Cilebak, Subang, Hantara, Nusaherang, Sindangagung, Kramatmulya, dan Cilimus.

Disusul PPP dan PDIP yang sama-sama unggul di 7 kecamatan dengan jumlah penduduk yang berbeda. PKS unggul di 3 kecamatan sedangkan Nasdem unggul di 2 kecamatan. Parpol lainnya, masing-masing unggul di 1 kecamatan.

“Survey elektabilitas parpol ini berdasarkan calon anggota DPR RI. Karena Dapil Jabar 10 bukan hanya Kuningan, maka kita tidak sampai kepada nama calegnya. Tapi kalau melihat angka, responden yang menjawab tidak tahu ternyata sangat tingg mencapai 33,7 %,” jelas Reza. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com