Tiga Bacaleg Dicoret

KUNINGAN (MASS) – Daftar Caleg Tetap (DCT) sudah diumumkan oleh KPU Kuningan, Kamis (20/9/2018). Dari total 581 orang yang masuk Daftar Calon Sementara (DCS), terdapat 3 orang yang dicoret.

“Pada tahapan DCS, terjadi perubahan komposisi dengan pengajuan awal yakni total 581 orang dengan komposisi bacaleg laki-laki berjumlah 356 dan perempuan 225. Dalam perjalanannya menuju ditetapkannya DCT, terjadi lagi perubahan yakni total 578 orang dengan komposisi laki-laki 354 dan perempuan 224,” sebut Komisioner KPU, Dadan Hamdani.

Fluktuasi data dari DCS menuju DCT dilatarbelakangi oleh pengunduran diri 3 orang bacaleg. Untuk 1 orang ada pergantian karena berpengaruh terhadap 30% keterwakilan perempuan. Selain itu ada pula yang disebabkan karena meninggal dunia sebanyak 1 orang.

“Dan ada 1 orang yang termasuk tidak memenuhi syarat (TMS) karena masih aktif ASN/PNS. Jadi yang diganti sebanyak 2 orang karena meninggal dunia dan mengundurkan diri karena kuota perempuan,” jelas Dadan.

Dalam menceritakan perjalanan data bacaleg menuju DCT ini, ia menyebutkan, pengajuan awal sebanyak 594 orang. Komposisinya terdiri dari bacaleg laki-laki 367 orang dan 227 perempuan. Saat masuk tahapan DCS, menyusut jadi 581 orang dan kini menjadi 578 orang. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com