Tak Ada Bacaleg PKS yang Dicoret

KUNINGAN (MASS) – Kelihatannya konsolidasi di tubuh PKS Kuningan pasca gejolak pekan kemarin berhasil. Terbukti, catatan KPU Kuningan tidak menyebutkan adanya bacaleg dari partai tersebut yang dicoret. Padahal, sebelumnya mencuat kabar ada 30 kader yang mundur dari keanggotaan.

“Yang dicoret hanya 3 orang bacaleg. Itu bukan dari PKS,” jawab Komisioner KPU Kuningan, Dadan Hamdani, kala ditanya dari partai apa saja 3 bacaleg yang dicoret tersebut.

Ia menyebutkan, jumlah bacaleg yang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) sebanyak 578 orang. Sedangkan sebelumnya sebanyak 581 orang, sehingga diketahui ada 3 orang yang gugur.

Sementara itu, Dadan juga menceritakan perjalanan tahapan DCS menuju DCT. Dikatakan, terdapat beberapa bacaleg yang harus menyerahkan SK pengunduran diri dari aktivitas sebelumnya.

“Yakni ASN sebanyak 3 orang, Wakil Bupati 1 orang, Kepala Desa 1 orang, Perangkat Desa 1 orang, dan pegawai BUMN 1 orang. Adapun yang tidak menyerahkan SK sebanyak 1 orang dari ASN/PNS,” terangnya.

Pengunduran diri yang dibuktikan dengan penyerahan SK, imbuh dia, bersifat wajib. Acuannya dari Persyarata Bakal Calon yang tertuang dalam Pasal 7 ayat l poin 3 PKPU Nomor 20 Tahun 2018. DCT ini, sambungnya, sebagai bahan untuk pencetakan surat suara.

Pasca pengumuman DCT, masyarakat umum dapat melihat DCT melalui website KPU/papan pengumuman kantor kecamatan/media online lokal, atau langsung ke kantor KPU Kabupaten Kuningan.

“Kami berharap masyarakat dapat aktif melihat dan mengenali DCT yang telah ditetapkan tersebut guna mempelajari visi misi dan program-program yang digagasnya untuk nantinya dapat dipilih pada tanggal 17 April 2019,” seru Dadan. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com