Selain Brigita Manohara, 3 Panelis Bakal Buat “Hot” Debat Kandidat

KUNINGAN (MASS) – Seorang presenter cantik dan seksi, Brigita Purnawati Manohara bakal membuat “hot” Debat Terbuka Pilkada Kuningan. Presenter program ‘Kabar Hari Ini’ di TvOne ini sudah fix untuk menjadi moderator debat publik tersebut.

“Sudah fix, Brigita Manohara akan jadi moderator yang independen pada debat kandidat nanti. Tugasnya mengatur dan mengawali jalannya debat secara adil dan profesional,” sebut Asep Z Fauzi, komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas, Sabtu (16/6/2018).

Debat public itu sendiri hendak dilangsungkan Selasa (19/6/2018) di GOR Ewangga Kuningan. Acaranya malam hari mulai pukul 20.00 hingga 23.00 WIB. Untuk menguji kualitas pasangan calon, KPU juga akan menghadirkan 3 panelis dari kalangan professional dan akademisi yang punya integritas tinggi, jujur, simpatik dan tidak memihak kepada salah satu paslon.

“Tiga panelis tersebut antara lain Dr H Iskandar Hasan (Direktur Pasca Sarjana UNIKU), Dr H M Sulhan MAg (Dosen Pasca Sarjana UIN Bandung) dan Dr H Tata Taufik MAg (Pimpinan Ponpes Al Ikhlas Ciawilor),” terang Asep.

Ia menjelaskan, Tim Panelis bekerja merumuskan materi dan scenario debat public. Sesuai ketentuan Pasal 20 PKPU Nomor 4 Tahun 2017, materi debat adalah visi dan misi Pasangan Calon.

Setidaknya ada 6 poin dari visi misi tersebut yang akan jadi bahan uji para panelis.

“Diantaranya mencakup tujuan paslon dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, dan memperkokoh NKRI dan kebangsaan,” paparnya.

Asep menambahkan, debat publik dinilai sangat penting, karena melalui kegiatan inilah calon pemilih mengetahui kualitas para calon pemimpin di daerahnya.

“Beberapa pengamat mengatakan bahwa debat publik mampu membuka dan menarik masyarakat yang sebelumnya ragu dengan kualitas para pasangan calon, menjadi yakin dan menentukan pilihannya,” pungkas Asep. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com