Prediksi Jumlah Parpol Peraih Kursi untuk DPRD Kuningan

KUNINGAN (MASS) – Lantaran proses rekapitulasi suara masih berjalan, hingga Sabtu (20/4/2019) ini siapapun belum bisa memastikan raihan kursi untuk DPRD Kuningan. Namun kuninganmass.com sempat melakukan estimasi dengan cara mengumpulkan keterangan dari berbagai sumber.

Dari informasi sementara, PDIP tetap akan menjadi partai pemenang di Kabupaten Kuningan. Prediksi kursi yang akan diperoleh partai pengusung Jokowi ini antara 9-10 buah.

Meski Ketua DPC PDIP Kuningan Rana Suparman belum bisa dikonfirmasi, namun elit PDIP lainnya, Nuzul Rachdy menaruh harapan partainya itu bisa menelurkan 11 sampai 12 kursi.

“Ini belum final. Pleno PPK baru akan dimulai hari ini (Sabtu, red). Kalau ditanya perkiraan 11 kursi sih, kita sangat berharap antara 11 hingga 12 kursi,” ujar Zul, caleg petahana yang maju di dapil 2 itu.

Setelah PDIP, parpol peraih kursi terbanyak ke 2 diduduki Partai Gerindra. Partai pengusung Prabowo ini diperkirakan mampu mengumpulkan antara 7 sampai 8 kursi.

“Amannya sih 7 kursi. Tapi kalau ternyata di dapil 2 bisa 2 kursi, maka total se Kuningan bisa jadi 8 kursi,” sebut Ketua DPC Partai Gerindra Kuningan, H Dede Ismail.

Peringkat ke 3 dan 4, kemungkinan antara PKS dan PAN. Estimasi kedua parpol tersebut kisaran 6-7 kursi. Sayangnya, angka perkiraan ini belum terkonfirmasi.

Berikutnya PKB, prediksinya mampu menelurkan 5 sampai 6 kursi. Ketua DPC PKB Kuningan, H Ujang Kosasih pun punya perkiraan yang mengacu pada data C1 yang dimilikinya.

“5 kursi sih aman. Tapi ada kelebihan di beberapa dapil, sehingga mungkin saja bisa sampai 6 atau 7 kursi,” kata Ujang.

Untuk Golkar, banyak kalangan yang memperkirakan terjadi kemerosotan. Raihan kursinya berkisar 4 sampai 5 kursi, dari sekarang yang memiliki 7 kursi. Hanya saja H Yudi Budiana selaku ketua DPD Partai Golkar Kuningan belum bisa memberikan keterangan saat dikonfirmasi.

Estimasi pencapaian kursi Golkar ini sejajar dengan Partai Demokrat dan juga PPP. Jika Ketua DPC Partai Demokrat, H Toto Hartono tidak bisa dihubungi, lain halnya dengan Ketua DPC PPP, H Uus Yusuf.

“PPP mudah-mudahan bisa memperoleh antara 4 sampai 5 kursi,” harap Uus.

Untuk Partai NasDem, dari informasi yang diperoleh situs berita ini hanya berkisar antara 2 sampai 3 kursi. Namun Ketua partainya, Hj Elit Nurlitasari belum bisa mengeluarkan prediksi angka.

“Kita tunggu hasil pleno kecamatan kang, soalnya kita mau lihat suara partai berapa,” ucap Elit saat dikonfirmasi.

Jika partai-partai tersebut mendapatkan kursi dengan batas terbawah, 2 parpol lain memiliki peluang untuk memperoleh kursi. Kedua partai tersebut yakni PBB dan Perindo.

Menurut keterangan timses caleg dari kedua partai itu, caleg PBB berhasil mengumpulkan suara pribadi sebanyak 6000 lebih. Angka yang hampir sama dicapai pula oleh caleg Perindo. (deden)

Prediksi Raihan Kursi DPRD Kuningan versi Litbang Kuningan Mass :

  1. PDIP : 9-10 kursi
  2. Gerindra : 7-8 kursi
  3. PAN : 6-7 kursi
  4. PKS : 6-7 kursi
  5. PKB : 5-6 kursi
  6. Golkar : 4-5 kursi
  7. Demokrat : 4-5 kursi
  8. PPP : 4-5 kursi
  9. NasDem : 2-3 kursi
  10. PBB : 0-1 kursi
  11. Perindo : 0-1 kursi

Kursi DPRD Kuningan Hasil Pemilu 2014 :

  1. PDIP : 10 kursi
  2. PAN : 8 kursi
  3. Golkar : 7 kursi
  4. PKS : 5 kursi
  5. Demokrat : 5 kursi
  6. PKB : 5 kursi
  7. Gerindra : 4 kursi
  8. PPP : 3 kursi
  9. NasDem : 3 kursi
error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com