Optimis Lolos Verifikasi Faktual

KUNINGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) didampingi Panwaslu Kabupaten Kuningan melaksanakan tahapan verifikasi faktual kepengurusan ke Parpol Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kuningan. Kegiatan ini dilakukan  di Komplek Puri Asri 2 Blok C RT/RW 07/44 Kelurahan Ciporang Kecamatan Kuningan pada Rabu (20/12/2017).

Dalam verifikasi tersebut, Partai yang digawangi Asep Susan Sonjaya sebagai Ketua DPD Kuningan dinyatakan memenuhi syarat tiga verifikasi. Ketiga verifikasi tersebut menurut  unsur Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin yakni domisili, kepengurusan dari Parpol, serta keterwakilan 30 persen pengurus perempuan tingkat Kabupaten.

“Sebenarnya yang di verifikasi faktual ada empat, karena satu katagori yakni keanggotaan Partai Politik sedang berjalan dari tanggal 15 Desembar hingga 4 Januari, jadi kami disiini melakukan tiga faktual lainnya melalui dokumen yang dimiliki Parpol. Dan untuk PSI sendiri dinyatakan memenuhi syarat ketiganya, tinggal menunggu verifikasi terakhir” ujar Jajang.

Verifaski faktual sendiri lanjutnya, bertujuan untuk mengecek kesesuaian dokumen kepengurusan ketua, sekertaris dan bendahara. Selain itu, untuk mengetahui keterwakilan 30 persen perempuan dijajaran kepengurusan. Serta aspek terakhir yakni domisili kantor tetap parpol yang digunakan sampai tahapan akhir pemilu 2019.

Sementara itu, Sekertaris DPD PSI Kabupaten Kuningan Ade Aspandi optimis lolos verifikasi faktual yang dilakukan oleh tim KPU Kabupaten Kuningan karena ketiga hasil verfak dinyatakan MS atau memenuhi syarat.

“Kita tinggal menunggu hasil verfak terakhir yakni keanggotaan PSI di setiap daerah Kabupaten Kuningan. Sebab, sejauh ini untuk persiapan keanggotaan sudah matang ada 115 anggota dengan sampel acak kelipatan 10 oleh KPU. Serta ada beberapa anggota yang tersurvey sudah mengkonfirmasi kepada kita,” paparnya.

Verifikasi faktual ke Parpol PSI Kabupaten Kuningan sendiri dihadiri komisioner Panwaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan. Dalam giat tersebut tidak ada kendala dalam kegiatan Verfak, sebab sebelumnya Parpol sudah mengikuti Bimtek yang dilaksanakan pada 13 Desember 2018, serta sebelum hari kegiatan Parpol sudah diberitahukan melalui surat. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com